Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Polresta Deli Serdang Diminta Usut Anggaran Mobdis Kesehatan

Sabtu, 03 Juli 2021 | 12.49 WIB
Kali Dibaca |

GERAMS berencana demo ke Mapolresta dan Dinas Kesehatan Deli Serdang terkait banyaknya mobdis yang rusak akibat kurangnya perawatan. Namun dana perawatan mobdis setiap tahunnya selalu ada.

Lb Pakam, metrokampung.com
Banyaknya mobil dinas (mobdis) Kesehatan Kabupaten Deli Serdang yang mangkrak dan terduduk sehingga tidak bisa digunakan sama sekali mengundang keprihatinan banyak pihak.
 
Salah satunya dari kelompok masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Melawan Korupsi (GERAMS) Deli Serdang.
 
"GERAMS mendesak Polresta Deli Serdang untuk mengusut anggaran perawatan mobdis tersebut. Sebab jika anggaran tersalur sebagaimana mestinya, kejadian mobdis yang makrak tidak akan terjadi,"ujar Soni Silaban, Bendahara GERAMS kepada wartawan, Jumat (2/7/21).
 
Soni juga menyesalkan mobdis yang mengalami kerusakan cukup parah tersebut dibiarkan di halaman kantor Dinas Kesehatan. 
 
"Seakan sengaja dipamerkan untuk dipertontonkan dan  dibiarkan hingga ditumbuhi rumput. Siang malam kena panas dan hujan. Sehingga memperparah kondisi mobdis yang dibeli dari uang rakyat tersebut,"sesal Soni seraya menuturkan pihaknya berencana akan menurunkan massa untuk demo ke Mapolresta dan Dinas Kesehatan Deli Serdang terkait mobdis tersebut.
 
"Jika hal-hal seperti ini dibiarkan berlarut, bukan tidak mustahil setiap tahunnya makin banyak mobdis yang mengalami nasib serupa. Sementara anggaran perawatan terus berjalan,"terang Soni.
 
Anehnya, Bahtera Barus, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang menangani perawatan seluruh kenderaan Dinas Kesehatan Deli Serdang malah menyalahkan pihak puskesmas karena tidak melakukan perbaikan terhadap jatah mobdis mereka.
 Sebab mobdis yang rusak tersebut kebanyakan berasal dari puskesmas.
 
"Kebanyakan berasal dari puskesmas. Penyebabnya karena kurangnya perawatan. Usia mobil juga sudah tua rata-rata buatan Tahun 1997 dan segera kita usulkan untuk dilelang,"jelasnya ketika dikonfirmasi via selular.
 
Namun Bahtera sempat tergagap dan memilih bungkam saat ditanyakan apakah selama ini dana perawatan dan perbaikan mobdis tersebut tidak tersalur dengan baik.
 
"Nanti saya sampaikan ke kadis dan sekretaris dinas ya,"kata pria yang juga menjabat sebagai sekretaris koperasi Dinkes Deli Serdang itu sambil mematikan hapenya. 
 
Diberitakan sebanyak 10 unit mobdis Kesehatan Deli Serdang dari berbagai jenis mengalami kerusakan cukup parah dan terduduk. Sehingga tidak bisa dioperasikan sama sekali. Diduga karena tidak tersalurnya dana perawatan sebagaimana mestinya.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru