Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Durian Pakpak Bharat Laris Manis di Jakarta

Sabtu, 25 September 2021 | 13.46 WIB
Kali Dibaca |


Pakpak Bharat, Metrokampung.com
Pecinta durian saat ini tentu sangat senang dengan datang musim durian yang sedang membanjiri banyak wilayah di seluruh pelosok Negeri. Salah satu Daerah penghasil buah yang terkenal dengan sebutan raja buah ini yakni Pakpak Bharat yang saat ini sedang memasuki musim panen raya buah durian. Daerah yang bertetangga dengan Provinsi Aceh ini memang sangat terkenal dengan buah duriannya yang legit dan wangi serta dengan tekstur dan warna yang sangat menarik.

Dibulan-bulan terakhir ini, sejumlah kecamatan di wilayah ini sedang mengalami masa puncak panen durian. Buah durian terlihat membanjiri beberpa ruas jalan diantaranya di Kecamatan Tinada, Sitellu Tali Urang Jehe serta Kerajaan yang memang terkenal sebagai pusat penghasil durian.

Banyaknya buah durian dipasaran tentunya berpengaruh pada nilai jual durian yang mau tidak mau mengalami penurunan drastic. Para petani durian mulai mengeluhkan turunnya nilai beli dari masyarakat pecinta durian.

Musim durian yang terjadi secara serentak tahun ini di berbagai wilayah sangat berpengaruh pada pendapatan kami para petani durian disini, durian jadi kurang laku, mungkin karena banyak juga durian lain dari daerah lain ya, kami juga agak kesulitan memasarkan buah ini, karena buah durian sangat rentan rusak dan cepat busuk sehingga menjadi sebuah kendala bila harus dikirim ke daerah lain yang agak jauh misalkan medan atau Jakarta yang menjadi pusat pemasaran durian, ungkap A Berutu, salah seorang petani durian di Sitellu Tali Urang Jehe.

Mengatasi masalah seperti ini, para pedagang dan engepul durian yang sengaja datang dari luar daerah mau tidak mau harus memutar otak guna menjaga kualitas dan mutu durian tetap terjaga sampai ketangan konsumen. Salah satunya dengan pemanfaatan “Unit Thermo King”, yakni truk dengan fasilitas pendingin yang aman untuk mengemas serta mengirim buah durian guna menjaga kualitas buah durian dalam waktu yang relative lama.

Seperti misalnya Sri br Sembiring, salah seorang pedagang durian asal Jakarta yang sengaja datang ke Daerah kecamatan Tinada guna mengumpulkan serta membeli buah durian dari masyarakat sekitar. Buah durian yang terkumpul selanjutnya dikemas kedalam truk pendingin ini untuk dikirim ke Jakarta.

Untuk wilayah Pakpak Bharat ini saya sediakan dua unit truk Thermo King ini untuk membantu operasional kami mengumpul dan mengirim buah durian langsung ke Jakarta, buah durian daerah ini sangat terknal dan diminati banyak kalangan di Jakarta, sayangnya memang agak jauh ya tempatnya, jadi kami harus pakai truk pendingin khusus ini untuk menjaga durian tetap segar dan awet sampai nanti di Jakarta, ungkap Sri Sembiring disela kesibukannya menyusun buah durian di Desa Mahala, Kecamatan Tinada.

Dalam satu minggu kami biasanya bisa mengirim hingga empat truk serupa ke Jakarta yang nantinya akan kami di daerah Jakarta Pusat dan Bekasi, ungkap Sri menambahkan.

Sementara itu Hendri Solin, MM, Camat Tinada sendiri mengakui tentang buah durian yang saat ini sedang membanjiri wilayah Kecamatan Tinada.

Di Kecamatan ini ada beberapa Desa kami yang terkenal sebagai penghasil durian diantaranya Mahala, Majanggut dan desa lainnya, masalahnya saat ini memang sedang mengalami penurunan harga, ini dikarenakan pada musim tahun ini terjadi musim buah serentak dengan beberpa wilayah lain, tentunya berpengaruh pada nilai daya beli, dengan adanya unit pendingin seperti yang dipergunakan oleh ibu Sri ini sangat membantu kami dalam memasarkan buah ini bahkan sampai ke kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi dan lain-lainnya, mudah-mudahan hal ini dapat mempelopori para pedagang lainnya untuk datang dan membeli hasil-hasil bumi dari Pakpak Bharat ini, ungkap Hendri Solin di Tinada. (B'85/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru