Distan Deli Serdang akan Vaksinasi Massal Sapi untuk Cegah Terjangkit PMK

Editor: metrokampung.com
Refly Sofian Siregar Kabid Peternakan Dinas Pertanian Deli Serdang.

Lb Pakam, metrokampung.com
Pemkab Deli Serdang saat ini menunggu surat penetapan dari Kementerian Pertanian tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 
 
Penjelasan ini disampaikan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Deli Serdang, Refly Sofian Siregar usai menggelar rapat bersama 62 orang petugas pengendalian PMK se Kabupaten Deli Serdang di Aula Distan, Jumat (20/5/22).
 
"Kita juga sedang menunggu vaksin dari pusat, Juli mendatang. Jika sudah turun akan kita laksanakan vaksinasi massal terhadap seluruh ternak sapi di Deli Serdang,"tambah Refly Sofian Siregar.
 
Mudah-mudahan, lanjut Refly, cepat turunnya sehingga cepat kita laksanakan.
 
Disebutkan Refly dari 398 ekor sapi yang terjangkit PMK di Deli Serdang belum ada yang mengalami kematian malah 90 persen mengarah sehat.
 
Karenanya, Refly menghimbau peternak segera melapor jika ada gejala PMK sehingga cepat ditangani.
 
"Kita minta kepada peternak jangan khawatir. Sebab PMK dapat diobati dan sembuh. Peternak juga kita himbau untuk meningkatkan bio sekurity (tidak sembarangan orang  dapat masuk ke kandang sapi) serta melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin,"ujar Refly.
 
Ayah 2 anak itu juga menghimbau tidak boleh menyembelih ternak sapi yang sedang sakit.
  
"Peternak juga tidak boleh memperjualbelikan sapi sakit sampai ternak sapi tersebut dinyatakan sehat,"ungkap pria beristrikan Boru Harahap itu.
 
Diakhir penjelasannya, Refly mewanti-wanti kepada peternak untuk menghindari pemeliharaan dengan cara pengembalaan guna mengurangi resiko penularan.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini