Pemerintahan Desa Marindal II Laksanakan Pembinaan Peningkatan Kapasitas RT, Jufri Antono : Semua Lembaga Bekerja Sama Membangun Marindal II agar Maju Lebih Cepat

Editor: metrokampung.com

Desa Marindal II, metrokampung.com

Sekitar 25 RT (Rukun Tetangga) dari 9 Dusun di Desa Marindal II, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang mengikuti pembinaan Peningkatan Kapasitas RT yang bersumber dari APBDes Desa Marindal II Tahun 2022 di Tahtan Outbond Patumbak, Sabtu (18/06/2022).

Dalam kata sambutannya Kepala Desa Marindal II, Jufri Antono menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh RT yang hadir. Walaupun sampai saat ini RT di Kabupaten Deliserdang tidak punya Siltap tetapi para RT masih menjadi bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Desa. Kepala Desa Marindal II juga menyerahkan SK dan rompi kepada RT.

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh RT yang ada di Marindal II masih berkenan hadir di acara ini, walau para RT tidak memiliki siltap, tapi saya berharap kita tetap bekerja sama dalam membangun desa kita. Kegiatan ini kita laksanakan untuk menjalin kebersamaan kita," ujar Kades Marindal II, Jufri Antono.


Dalam acara tersebut Sumardi sebagai nara sumber dan juga sebagai Ketua LPM Desa Marindal II, mengatakan hal yang sama bahwa RT sifatnya partisipatif dan tidak memiliki siltap tetapi RT adalah bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Desa serta mengacu kepada Peraturan Meteri Dalam Negeri RI No. 18 Tahun 2018.




”Kepala Dusun adalah perpanjangan tangan Pemerintahan Desa, sementara RT adalah Lembaga Kemasyarakatan yang bermitra dengan Pemerintahan Desa dalam memperlancar urusan warga seperti administrasi, kamtibmas dll," jelas Sumardi.

Di sesi tanya jawab, Kepala Desa Marindal II menanyakan beberapa orang RT, "Kenapa mau jadi RT,? 

Majanti Manik, RT dari Dusun VIII Pondok Marindu menjawab, menjadi RT itu adalah panggilan dan siap mengabdi," jawab Majanti.

Namun ada beberapa RT juga mengatakan bahwa mau menjadi RT karena terpanggil untuk memperjuangkan pembangunan dan program program di Desa Marindal II.  

Turut hadir dalam acara tersebut 9 Kepala Dusun, Ketua BPD, Ketua LPM dan PPRC Marindal II.(sim/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini