Peternak di Nagori Parmonangan Resah, Ratusan Sapi Diduga Mengidap PMK Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Sejumlah peternak di Nagori (Desa) Parmonangan Kecamatan Jorlanghataran Simalungun resah karena saat ini ratusan ternak sapi diduga mengidap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Populasi sapi di Nagori Parmonangan 600 ekor dan saat ini rata-rata telah mengidap PMK,  mulut dan lidah sapi tampak luka-luka hingga sulit mengunyah dan makan. Kuku sapi terlihat pecah-pecah membuat ternak sulit berjalan," ujar Kepala Desa Parmonangan Prayetno di kediamannya Desa Parmonangan, Rabu (15/6).

Disampaikannya akibat penyakit yang diderita ternak, kondisi ratusan sapi dewasa saat ini tampak sudah kurus dan 8 anak sapi telah tewas diduga korban akibat mengidap PMK.

Kata Prayetno, para peternak telah berupaya memberikan berbagai jenis obat-obatan dan suntikan dengan harapan penyakit yang menerpa sapi dapat teratasi, namun upaya tersebut  tidak membuahkan hasil.

Diakuinya Dinas Peternakan Kabupaten Simalungun telah memberikan obat vitamin dan menyuntik sapi namun hingga saat ini kondisi kesehatan ternak belum  ada tanda-tanda perubahan.

"Para peternak sapi juga mulai bingung membayar bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) setiap bulannya karena  modal pembelian sapi yang dipinjam dari Perbankan," tambah Prayetno.

Prayetno berharap kepada pemerintah agar menyediakan vaksin untuk mengatasi penyakit PMK yang menerpa ratusan ternak sapi di desa binaanya dan meminta Perbankan untuk memberikan keringanan dalam membayar bunga KUR.(sugianto/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini