Bupati Ir.H.Zahir, MAP Resmikan Gedung BLK Batu Bara 64 Naker Dilatih

Editor: metrokampung.com
Bupati Batu Bara Zahir didampingi Kadis Nakerprindag Buhari Imran,Iqbal Ibrahim dari BPPP Medan Kementerian Naker saat  menandatangani prasasti peresmian Gedung BLK Batu Bara.

Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir,MAP meresmikan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Batu Bara di Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar,Selasa (21/03/2023).

Bupati Zahir juga membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi yang diikuti 64 orang calon tenaga kerja (naker).

Bupati Zahir minta peserta pelatihan benar-benar mengikuti pelatihan sehingga mendapat kemampuan atau skill sesuai bidangnya.
Untuk apa mendapat sertifikat tetapi sertifikat itu hanya pajangan , tidak bisa dibuktikan dengan keahliannya,kata Zahir pada acara peresmian  dihadiri Ketua Kadin Batu Bara OK Faizal,Ketua Umum Gemkara Batubara Khairul Muslim,Kadis Perikanan ,Peternakan Antoni Ritonga,Kadis Kominfo Edwin Sitorus,Iqbal Ibrahim dari BPPP Medan Kementerian Tenaga Kerja.

Menurut Zahir, Pasca Covid banyak naker yang menganggur  termasuk naker 400 orang naker dari Malaysia asal Batu Bara. Mereka  kita nanti  memulangkan  ke Batu Bara sebagai tanggung jawab kita.

Karena itu, kehadiran BLK Kabupaten Batubara dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan naker yang memiliki skill sesuai kebutuhan kerja di perusahaan-perusahaan maupun bisa membuka usaha secara mandiri dan diberikan modal usaha.

"Ada 64 peserta  yang akan dilatih di BLK Batu Bara seperti bidang las menjahit, komputer dan ini harus benar-benar dilatih sehingga mahir," kata Zahir.

"Menurut Zahir, harus dilibatkan perusahaan-perusahaan dalam pelatihan sehingga nanti dibuat MoU. Dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja Parindag diminta melakukan komunikasi  dengan perusahaan-perusahaan sehingga setelah dilatih bagaimana penyalurannya," ujar Bupati.

"Zahir juga minta  camat dan kades calon naker sehingga  diketahui bakat yang dimiliki dan kita  latih seperti mau jadi  PRT,penceramah,tenaga admin, dll. Inilah sebenarnya  tugas Disnaker," kata Zahir.
"Zahir mengakui fasilitas BLK Batubara belumlah  sempurna dan kita terus sempurnakan untuk pelatihan  di berbagai bidang keahlian kerja. Paling tidak saya sudah memenuhi janji saya dengan Gemkara untuk  mendirikan BLK untuk menyiapkan  naker kita untuk bersaing di pasar kerja," ujar Zahir.

Ketua  Kadin Batubara OK Faizal mengatakan, sesuai Perpres No.68/2022 tugas Kadin ikut serta mewujudkan naker yang kompeten,mendorong lembaga  pendidikan menyiapkan naker kompeten dan melakukan  vokasi.

Kadin Batubara siap  mendukung BLK untuk  menyiapkan naker bersertifikasi kompeten diakui BNSP sesuai kebutuhan perusahaan.

Kadis Nakerprindag Buhari Imran mengatakan, pihaknya terus menyiapkan calon naker yang kompeten sesuai kebutuhan pasar kerja.

Tentunya,kita melakukannya secara bertahap sesuai fasilitas BLK yang dimiliki sembari  malakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Batu Bara.

"Sebenarnya komunikasi  dengan perusahaan-perusahaan sudah dilakukan,pada perinsipnya mereka menyambut baik namun perlu kita lakukan komunikasi secara intensif," ujar Buhari.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini