SPP PTPN 2 Siap Mengawal Okupasi HGU Kebun Bulu Cina

Editor: metrokampung.com
Anggota SPP PTPN2 siap mengamankan asset.

Tamora, metrokampung.com
Ratusan anggota Serikat Pekerja Perkebunan (SPP) PTPN 2 akan ikut mengawal jalannya okupasi lahan Hak Guna Usaha (HGU) No.103 Kebun Bulu China yang direncanakan berlangsung Jum'at (17/3/23).
 
Ditemui di kantor Direksi PTPN 2 di Tanjung Morawa, Kamis (16/3/23) siang, Ketua Umum SPP PTPN 2 Mahdian Tri Wahyudi mengungkapkan sangat mendukung tindakan yang akan dilakukan PTPN 2 untuk mengambil kembali lahan HGU yang selama ini dikuasai penggarap. Karena dengan kembalinya areal seluas 382 hektar di Kebun Bulu China akan menambah areal produksi PTPN 2, khususnya untuk tanaman kelapa sawit. Untuk memperlancar proses okupasi itu, pihak SPP akan mengerahkan sekitar 300 anggota yang terdiri dari karyawan dari berbagai kebun yang ada di sekitar areal HGU Bulu China, seperti Kebun Tandem, Sei Semayang, Kwala Madu dan kantor Direksi.
 
"Langkah mendapatkan kembali areal HGU ini tentu harus disikapi secara positif.  Karena selama ini sudah cukup upaya persuasif yang dilakukan PTPN 2 terhadap warga penggarap, namun sampai saat ini masih banyak di antaranya yang tetap ingin mempertahankan areal yang sudah cukup lama mereka kuasai secara sepihak," jelas Mahdian Tri Wahyudi.
 
Areal seluas 382 hektar di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang merupakan bagian dari 2.997 hektar HGU No 103 Kebun Bulu China. Sejak tahun 1998, usai dilakukan okupasi pertama, warga yang mengatasnamakan kelompok tani kembali masuk ke areal HGU. Semula mereka hanya menanam jenis tanaman palawija. Namun karena saat itu pihak PTPN 2 menghadapi berbagai kendala, sehingga tidak mampu melakukan okupasi lanjutan, akhirnya para penggarap menanam kelapa sawit di areal tersebut.
 
Karyawan sangat mendukung langkah PTPN 2 melakukan okupasi terhadap areal HGU 103 Bulu China. Sesuai dengan agenda melakukan optimalisasi aset, maka kembalinya areal HGU itu akan semakin memantapkan langkah PTPN 2 untuk meningkatkan produksi perkebunan seperti yang telah ditargetkan Menteri BUMN Erik Thohir.
 
Hingga Kamis malam, persiapan pelaksanaan okupasi terus dilakukan tim PTPN 2 di sekitar lokasi HGU 103 Bulu China. Sejumlah alat berat dan personil beserta logistik pendukung sudah dipersiapkan secara matang untuk kegiatan tersebut.   Diharapkan okupasi yang dilakukan bisa berjalan kondusif dan lahan HGU 103 seluas 382 hektar itu bisa kembali dikuasai PTPN 2.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini