Nobar Literasi Digital di SMP Negeri Batang Kuis

Editor: metrokampung.com

Batang Kuis, metrokampung.com
SMP Negeri 1 Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang menjadi lokasi nonton bareng kegiatan literasi digital sektor pendidikan yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan beberapa SMP dan SMA di Kabupaten Deli Serdang, Rabu (31/5/23).
 
Mengangkat thema, “Welcoming Generation Alpha : Chance and Challenge in Digital Era” kegiatan literasi digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo di lingkungan pendidikan merupakan salah satu upaya dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital. 
 
Menurut keterangan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman. Yaitu dengan menyuguhkan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital.
  
Kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.
 
"Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya.  Sebanyak 191,4 juta penggunanya menggunakan media sosial. Namun, penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko,"jelas Semula. 
 
Karena itu, sambungnya, peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat. 
 
Hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia pada Tahun 2022 berada pada angka 3,54 poin dari skala 1-5.  
 
"Hasil ini menunjukkan  tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang,"katanya melalui virtual.
 
Masih kata Semuel, menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat  dengan kemampuan literasi digital.
 
Kegiatan ini didukung oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara dan Komix Bintang Toedjoe. 
 
Ketum Kadin Sumut, Firsal Ferial Mutyara diwakili Wakil Ketua Umum Bidang Pendidikan Indra Prawira menyampaikan bahwa melalui kegiatan literasi digital  diharapkan pelajar dapat lebih siap memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran.   
"Termasuk nantinya bisa lebih siap ketika memasuki dunia usaha dan dunia kerja, "jelas Indra Prawira.
 Dalam kegiatan nobar yang menyasar target segmen pelajar ini, ungkap Indra, rencananya akan diisi oleh beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. 
 Kegiatan diawali dengan sambutan dari Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan, dihadiri narasumber Eko Pamuji (Chief Operating Regional East Java of Asia Council for Small Business dan Sekjen JMSI Pusat), narasumber lain Mustika Dewi (Pengurus Kadin Sumut/Direktur PT Musina Baraka Sejahtera). Kemudian bersama Key Opinion Leader (KOL) Nadila Fitria (Presenter - Influencer) serta Siti Kusherkatun (Asih) sebagai juru bahasa isyarat, dipandu pembawa acara (MC) Nurramadhani Harahap dan moderator Sonaria. (dra/mk)

Share:
Komentar


Berita Terkini