87 Calon Kepala Desa Kabupaten Toba Bertarung Pada Pilkades Serentak 2023

Editor: metrokampung.com

Sinar, metrokampung.com
Sebanyak 87 calon kepala desa yang telah ditetapkan sebagai peserta dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Tahun 2023 bertarung meraih kursi panas pada pemerintahan desa di kabupaten Toba.

Para panitia pelaksana Pilkades melakukan tugas dan fungsinya selaku penyelenggara di-lapangan guna mengeksekusi even enam tahunan itu pada Kamis (19/10/2023). 

Pada Pilkades tahun ini, Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Tayeb dan Dandim 0210/TU Letkol Inf. Saiful Rizal berkeliling ke beberapa desa yang menyelenggarakan Pilkades untuk memantau kondisi dan situasi Pilkades, mulai dari proses pencoblosan hingga proses penghitungan suara. 


Selain berpesan kepada masyarakat, Uspika Kecamatan Siantar Narumonda  juga berpesan kepada para calon kepala desa agar sama-sama menjaga keamanan di tengah masyarakat. 

"Kepada calon pemenang jangan terlalu  bergembira. Semua harus dirangkul, tidak hanya calon yang kalah tetapi semua masyarakat harus dirangkul," pesanya. 

Pada pagelaran Pilkades kali ini, 
pantauan wartawan, pada tiga desa (3) di kecamatan Siantar Narumonfa terlihat tegang seperti di-desa Siantar Tonga-tonga III yang di-menangkan petahana dengan nila 109.
 
"Sedangkan rifalnya Defana Napitupulu harus menerima kekalahan dengan nilai tipis 100 suara dari 209 suara yang dipertaruhkan.

Pada desa Narumonda IV Sakkan Simangunsong yang juga sang petahana, menangkan Pilkades dengan suara mutlak. "Sang rival sejatinya Kantoso Simangunsong harus menelan pil pahit dari beberapa even pagelaran pilkades di desa Narumonda IV yang selalu di ikutinya.

Sementara Pilkades pada desa Narumonda III Kecamatan Siantar Narumonda, sang petahana harus mengakui keunggulan rifalnya dengan skor yang signifikan.

Kepala desa Narumonda III yang juga  (Petahana) harus menelan pil pahit dari rifalnya dengan skor petahana (132) pemilih, sementara rifalnya (202) pemilih.

"Januar Marpaung selaku kepala desa terpilih lewat even itu menjelaskan kepada wartawan, dirinya berterima kasih kepada masyarakat Desa Narumonda III yang pada kesempatan ini telah memberi amanah kepada saya".

"Kepada panitia pemilihan kepala desa, aparat keamanan TNI, Polri serta stakeholder lainya yang turut hadir pada even ini, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga "ungkap Januar.

Ia menjelaskan, kepercayaan masyarakat desa Narumonda III yang memberi amanah dengan saya, akan saya laksanakan sebaik mungkin, dan selalu berkoordinasi dengan segala pemangku kepentingan guna memajukan desa ini kelak, syalom "katanya mengakhiri.(e/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini