Hasil Reses II DPRD Toba, Aspirasi Masyarakat Didominasi Pendidikan, Infrastruktur dan Pertanian

Editor: metrokampung.com

Toba, metrokampung.com
DPRD Kabupaten Toba telah selesai menggelar Reses II di Daerah Pemilihan masing-masing pada 13-14 Oktober 2023 lalu. Reses yang bertujuan untuk menampung aspirasi dan keluhan masyarakat ini menjadi sarana penting bagi setiap anggota DPRD untuk menemui konstituennya, dan berbicara langsung dengan mereka. 

Dari hasil reses selama 2 hari itu, anggota DPRD kemudian menyusun semua aspirasi yang mereka tampung dan disampaikan kepada pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna  yang digelar pada Rabu (18/10/2023) sore. Rapat dipimpin Ketua DPRD Effendi S.P.Napitupulu dan dua Wakilnya, Mangatas Silaen dan Candrow Manurung.

Dari lima daerah pemilihan di Kabupaten Toba, masyarakat dari masing-masing daerah pemilihan menyampaikan keluhan dan aspirasi yang hampir sama. 

Aspirasi masyarakat yang disampaikan saat reses didominasi oleh infrastruktur, pendidikan dan pertanian. Termasuk jalan rusak di Desa Silalahi Pagar Batu, Desa Lumban Silintong dan Desa Tarabunga di Daerah Pemilihan Satu mencakup Kecamatan Balige dan Kecamatan Tampahan. 

Selain itu, aspirasi masyarakat juga tidak lepas dari dunia pendidikan seperti rawan tawuran pelajar di Soposurung, Balige, kondisi SD Negeri 1 Parsoburan yang memprihatinkan dan pembangunan toilet di SMP Negeri 1 Nassau yang tidak tuntas. Sementara aspirasi masyarakat di sektor pertanian adalah kelangkaan pupuk subsidi, perbaikan irigasi, permintaan bibit jagung dan permohonan lainnya. Selain aspirasi pada tiga sektor itu, beberapa aspirasi masyarakat juga meliputi soal pelatihan UMKM, perbaikan jalan menuju lokasi wisata dan juga sektor kesehatan. 

Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak dalam sambutannya mengatakan dengan adanya reses ini dimaksudkan DPRD menjalankan fungsinya dalam menampung aspirasi masyarakat.

"Dengan adanya pengumpulan aspirasi ini kami berharap akan semakin mempererat koordinasi dan kerjasama, sehingga pembangunan  sesuai aspirasi masyarakat,yang pada akhirnya akan mendapat dukungan semua pihak termasuk DPRD Kabupaten Toba," kata Tonny.

Hadir Sekdakab Toba Augus Sitorus, para Asisten, sejumlah pimpinan dan perwakilan perangkat daerah serta camat atau yang mewakili. (Kominfo/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini