Warga Habinsaran dan Borbor Terima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

Editor: metrokampung.com

Laguboti, metrokampung.com
Anggota DPR RI, Trimedya Panjaitan bersama Bupati Toba, Poltak Sitorus, dan Tahan Sibarani  memberikan secara simbolis buku tabungan bagi kepala keluarga  penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) TA 2023 .

Acara penyerahan bagi sejumlah warga Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Borbor ini digelar  di Gedung Pertemuan  Kantor Camat Habinsaran ,Parsoburan,  Senin (16/10/2023).

Bupati Poltak Sitorus dalam bimbingan dan arahannya mengajak  warga penerima BSPS ini untuk selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Pemerintah Kabupaten Toba akan selalu hadir berbuat apa yang bisa diperbuat untuk kemajuan daerah tiga kecamatan (Habinsaran, Borbor, Nassau) atau yang sering disingkat dengan  Habornas.

Bupati Toba juga mengungkapkan jumlah rumah tidak layak huni di Kabupaten Toba ada sebanyak 9.711, jadi mohon bersabar bagi yang belum menerima bantuan dan bagi yang menerima , kembali diajak bersyukur kepada Tuhan.

Mengenai jumlah bantuan BSPS per penerima sebesar Rp.20 juta,Poltak Sitorus mengatakan biaya ini tentu tidak cukup. 

" Bagaimana caranya, tentu bisa dengan bergotong royong bagi warga yang berdekatan se-desa untuk membantu pembangunan rumah menjadi lebih layak huni," katanya.

Prinsip dan semangat bergotong royong serta sifat tidak egois,tidak bersungut-sungut inilah yang dilakukan nenek moyang suku Batak . Salah satunya untuk membangun rumah Batak, Ruma Gorga.

Sebelumnya Plt.Kadis Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Toba, Jonni D.P Lubis melaporkan bahwa 
Sesuai data,jumlah rumah  di Kabupaten Toba ada 45.536 unit sementara rumah tidak layak huni sebanyak 9.711 (17,6%). Jumlah penerima BSPS tahun 2023 di Kabupaten Toba ada 303 orang.

Penerima BSPS di Kecamatan Habinsaran ada 31 orang yang menerima SK PPK  ditambah 4 orang lagi masih dalam proses.Masing-masing di Desa Lumban Rau Selatan 15 orang dan Desa Pangunjungan ada 20 orang.Di dua desa ini masing-masing 2 orang penerima masih tahap proses.

Selanjutnya untuk Kecamatan Borbor ada 45 orang yang menerima SK PPK  .Masing-masing di Desa Lintong 20 orang dan Desa Lumbansewa ada 25 orang.

Mewakili penerima, Saut Hasibuan,warga Lumban Rau Selatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dan mengungkapkan perasaan senang dan bangga.
Apalagi dengan kehadiran Anggota DPR RI, Trimedya Panjaitan bersama Bupati Toba, Poltak Sitorus, dan Tahan Sibarani seorang perantau sukses yang tinggal di Papua atau yang terkenal dengan sebutan Raja Miak di masyarakat Kabupaten Toba.

Hadir Plt.Kadis Perkim Kabupaten Toba, Jonni D.P Lubis, Camat Habinsaran, Sabam Pardosi, Camat Borbor, James Pasaribu dan perwakilan pihak Bank Sumut.(Kominfo/mk).
Share:
Komentar


Berita Terkini