Komit Tingkatkan SDM Unggul, Bupati Humbahas Benahi Sejumlah Fasilitas Sekolah

Editor: metrokampung.com

Doloksanggul, Metrokampung.com
Komitmen Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Humbang Hasundutan sepertinya mulai terlihat. Asumsi ini timbul mengingat Bupati Humbang Hasundutan terpantau media intens melaksanakan Kunjungan Kerja (kunker) ke sekolah-sekolah guna memeriksa fasilitas dan prasarana sekolah yang membutuhkan pembenahan.

Satu dari sekian sekolah yang mendapat pembenahan fasilitas ialah SMP Negeri 1 Doloksanggul. Disela-sela kesibukan yang padat Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE menyempatkan diri meninjau pembangunan ruang kelas di SMP Negeri 1 Doloksanggul pada Senin, (27/11/2023) untuk memastikan pembangunan tersebut sesuai dengan Spesifikasi dan Rancangan Anggaran Biaya yang ditetapkan Pemerintah Daerah. 

Bupati juga mengingatkan agar para pelaksana pekerjaan untuk mengikuti RAB yang ada dan pengawas diperintahkan untuk mengawasi dengan baik pembangunan gedung-gedung sekolah dan fasilitas lainnya. 

Disela-sela peninjauan pembangunan gedung sekolah, Bupati juga mengajak berdiskusi ringan para guru-guru terutama bidang matematika dan IPA. 

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan bagaimana saat ini Pemerintah Humbang Hasundutan intens dalam peningkatan mutu pendidikan. Berbagai program dan kegiatan dilaksanakan antara lain inovasi metode pembelajaran gasing yang dikembangkan di Kabupaten Humbang Hasundutan, pelatihan guru-guru, pemberian beasiswa dan sampai pada pembangunan gedung-gedung sekolah serta mobiler sekolah.

Inovasi metode pembelajaran matematika gasing tidak lagi hanya sebatas Baca, Tulis dan Hitung (Calistung) tetapi sudah masuk level 2 (dua) yang berorientasi pada pecahan dan desimal. Dengan metode ini diharapkan para siswa tingkat SMP akan mampu bersaing di tingkat Provinsi ataupun Nasional.

Dasar-dasar matematika sangat dibutuhkan dalam dunia kerja bahkan sebelum bekerja sering dihadapi anak-anak kita yang mencari pekerjaan dengan ujian-ujian psikotest. Oleh karena itu, pada guru khususnya guru matematika dan guru IPA boleh berkolaborasi untuk mendidik anak kita supaya kedepan lebih maju.

Selain itu, Bupati menekankan beberapa hal lain yang perlu diperhatikan seperti kebersihan sekolah antara lain ruang kelas, halaman dan terutama kamar mandi karena dari banyak sekolah yang dikunjungi,  kamar mandi dan toilet tidak terjaga kebersihannya sehingga bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan berbagai penyakit. 

Turut mendampingi dalam kunjungan kerja ini, Kadis Pendidikan Jonny Gultom, Kadis Kominfo, Batara F. Siregar Kadis PUTR Anggiat Simanullang, Kadis Lingkungan Hidup, Halomoan Jetro Amstrong Manullang  Plt. Kadis Kesehatan, dr. Gunawan Parlindungan Sinaga , Camat Doloksanggul, Camat Pollung dan lainnya. Dan disambut masing-masing Kepala Sekolah dan para guru. (FT/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini