Sapa Korban Banjir, Bupati Dosmar Langsung Perintahkan Dinas Terkait Mendata Para Korban

Editor: metrokampung.com

Doloksanggul, Metrokampung.com
Disela-sela kepadatan agenda kerja lobbi anggaran pembangunan bagi percepatan kemajuan Humbahas,  Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE Kamis,(16/11/2023) menyempatkan turun lapangan meninjau sekaligus menyapa masumyarakat korban banjir bandang di Kecamatan Baktiraja. Usai memperhatikan kondisi yang memilukan serta keluhan warga terdampak banjir,  Bupati langsung memerintahkan kepada dinas terkait supaya mendata secepatnya  terkait banjir bandang di daerah tersebut.  

“Data semua dengan cepat akibat banjir di Baktiraja ini, sehingga pemerintah bisa dengan cepat memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan anggaran. Rumah yang rusak akan diperbaiki, segera didata apa yang perlu dibantu pemerintah” tegas Dosmar didampingi Anggota DPRD Humbahas Poltak Purba ST asal PSI. 

Banjir bandang terjadi di Kecamatan Baktiraja tepatnya di Desa Marbun Tonga-Marbun Dolok, pada  Selasa (14/11)  dinihari  pukul 02.30 WIB lalu. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa namun terjadi kerusakan  lahan pertanian diperkirakan seluas 10 hektar termasuk rumah rusak . 

Begitu kejadian, tim dari Pemerintah Kabupaten Humbahas bersama TNI, Polri termasuk masyarakat melakukan peninjauan lapangan mengevakuasi terhadap masyarakat yang terjebak banjir. Alat berat diturunkan untuk penanganan tanggul yang rusak akibat diterjang banjir.  Sampai hari ketiga, alat berat masih melakukan penanganan pengerukan sungai termasuk armada pemadam kebakaran untuk membersihkan lumpur dari rumah warga dan ruas jalan.  Pemerintah melalui Dinas Sosial menyediakan makanan siang dan malam pada masyarakat yang terdampak bencana banjir. Mendirikan tenda yang diperuntukkan untuk dapur umum yang berfungsi sebagai tempat memasak kebutuhan penduduk.  

Saat meninjau, Bupati Humbahas turut didampingi Kepala Pelaksana BPBD  Benthon Lumbangaol, Kadis Sosial  Frans Judika Pasaribu, Kasat Pol PP Vandeik Simanungkalit, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, Camat Baktiraja Sanggam Lumbangaol. (FT)
Share:
Komentar


Berita Terkini