Hampir Semua Element Akui Kebaikan Wakil Bupati Humbahas

Editor: metrokampung.com
Wakil Bupati Dr. Oloan P. Nababan ketika turun langsung ke Sungai Aek Simonggo membantu pencarian korban hanyut.

Humbahas, Metrokampung.com
Dr. Oloan Paniaran Nababan,SH adalah sosok yang tak asing lagi ditelinga masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Selain dikenal sebagai Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan juga diakui " Cepat Kaki Ringan Tangan ", sebab selalu tanggap dengan peristiwa atau kesukaran yang dialami masyarakat.

R. Manulang seorang warga Kecamatan Sijamapolang, mengaku masih mengingat betul bencana puting beliung yang mengobrak abrik belasan rumah di daerah itu. Sosok yang hadir pertama sekali adalah Wakil Bupati Oloan. P. Nababan yang memberikan penghiburan kepada keluarga terkena musibah.  

"Kita mengakui respek nya pak Oloan ini. Dari sekian pejabat di Humbang ini, beliau selalu menjadi orang persama sekali yang hadir ditengah tengah kesusahan warga. Seperti kasus puting beliung beberapa tahun lalu di Desa Siborboron. Pak Wakil Bupati langsung mendatangi keluarga korban tak lama setelah puting beliung mereda," ujarnya.  

Peristiwa korban hanyut di Parlilitan yang menewaskan Lepran Sihotang dan ditemukan pada hari ke empat, dimana kala itu Wakil Bupati Oloan Paniaran turun ke Sungai dan memimpin langsung proses pencaharian dengan melibatkan personil Basarnas dan TNI/Polri serta masyarakat, selain mengorbankan dirinya dari segi waktu, pikiran dan tenaga, Wakil Bupati senantiasa menyantuni masyarakat yang menjadi korban bencana maupun korban naas, lanjut Dia bercerita. 

Pengakuan Saiful, personil Basarnas dan personil Badan Penanggulangan Bencana yang namanya enggan dituliskan juga menjadi saksi nyata atas aksi-aksi kemanusiaan yang cepat ditanggapi dan dilakukan oleh Wakil Bupati Humbahas Oloan P. Nababan.  

Kepada wartawan Saiful mengaku betapa perhatian dan iklasnya Wakil Bupati terhadap pencarian korban hanyut yang belum lama ini terjadi di Sungai Aek Silang dengan menewaskan Juniman Gulo warga Tapanuli Tengah (Tapteng). Bersama petugas Basarnas, BNPB sumut dan TNI, Wakil Bupati turun langsung ke lokasi memimpin pencarian, yang akhir nya ditemukan pada hari ke empat.  

"Ah, salut saya lihat pak wakil bupati. Setelah datang dan turun lah dia baru dapat kami korban hanyut itu, mantap lah feeling dan sistem kerjanya. Hebat nya lagi, padahal bukan warga Humbang, tapi pak wakil antusias melakukan pencarian dan melibatkan personil yang ada. Yang jelas,  kami termotifasi dan semangat bila datang saja beliau, Apalagi pak wakil terbilang royal dan buas menutupi kebutuhan para petugas, seperti kopi dan makan. Memang baik kali lah bapak itu, " ungkap nya. 

Hal serupa juga disampaikan petugas BPBD Humbahas, pria yang mengaku bermarga purba ini begitu mengapresiasi eksistensi dan ketulusan Wakil Bupati Oloan Nababan dalam memberikan sumbangsih bagi korban-korban bencana. Dikatakan, kehadiran dan kebersamaan Wabub dalam setiap penangan bencana yang kerap mereka laksanakan sangat memicu semangat dan empati. Sebab Wakil Bupati selalu memperhatikan kerja keras personil. Bahkan memperlakukan bawahan dengan baik tanpa ada perbedaan. 

Hampir Semua Element Akui Kebaikan Wakil Bupati Humbahas
" terkadang lae, kalo kami lihat saja datang pak wakil, langsung semangat kami. Apalagi begitu tiba langsung ditanya, kami dah serapan atau atau sudah ngopi. Dengan ditanya saja kami cukup senang lae. Beda dengan pejabat lainnya" ujar Purba.  

Lanjut dia, bila diperhatikan selama ini, memang luarbiasa pak wakil ini. Beliau tak segan-segan membagi-bagi rejeki buat masyarakat. Setiap masyarakat yang Ia temui tak jarang diberi saweran. Aktif juga menghadiri kegiatan sosial, baik acara adat nikah maupun bela sungkawa tetap memberikan waktu nya hadir bersama masyarakat. Dan sangat ku yakini bahwa selama menjadi Wakil Bupati harta beliau bukan malah bertambah, justru menurun karena suka bagi-bagi rejeki kepada masyarakat. Bahkan didepan mataku, suatu ketika beliau ikut ibadah minggu. Setelah ibadah minggu, beliau justru menyawer seluruh umat yang hadir. Luar biasa lah,"tukas nya lagi. 

Senada juga diungkapkan sejumlah aktivis LSM dan Media. L. Simamora funsionaris Jaringan Pemantau Keungan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Humbahas kepada awak media mengaku betapa sosok Wakil Bupati Oloan P. Nababan sangat-sangat bersahabat dan welcome dengan siapa saja. Dirinya pun menuturkan seputar bagaimana wakil bupati menyambut para tamu nya dari kalangan pers dan LSM dengan tanpa pilih kasih. Semua yang ingin bertamu, diterima dengan baik.  

"Oh, kalo pak wakil siapa pun dia welcome, diterima dengan baik. tak seperti Bupati. Sulit bertamu keruangan Bupati apalagi komunitas Pers dan LSM. Kalau pun ada tertentu orang nya, itu pun proses nya lama. Tapi kalo pak wakil, padat terus tamunya. Baik pers LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lain-lain terbuka terus pintunya," ucapnya. 

Tokoh adat beserta sejumlah pengurus gereja yang pernah ditemui media dibeberapa Desa dan tidak dapat dipaparkan dalam tulisan ini membenarkan segala pengakuan yang ada.  Bahkan seorang warga desa kepada awak media memberi jaminan bahwa penduduk di desa nya tersebut dipastikan tidak akan lari sedikit pun doa dan dukungan bila suatu saat 
Wakil Bupati Dr. Oloan Paniaran Nababan ikut menjadi peserta kontestasi Pilkada Humbang Hasundutan. Mengingat perhatian dan perbuatan nya yang sudah banyak serta tulus membantu masyarakat. 

Wakil Bupati, DR. Oloan Paniaran Nababan,SH dalam sebuah kesempatan tanya jawab kepada media menyampaikan bahwa dirinya murni menolong masyarakat sesuai kemampuan dan kapasitas nya sebagai seorang wakil bupati. Dikatakan hal tersebut semata-mata untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa sosok pemimpin itu sepatut nya mengayomi. Serta menunjukan bahwa masih ada pemimpin yang benar-benar iklas membantu tanpa unek-unek, atau tanpa tujuan kepentingan politik. 

"Apa yang saya lakukan murni untuk menunjukkan komposisi saya sebagai salah satu pemimpin di kabupaten ini. Dan pemimpin yang baik bagi masyarakat, sepatutnya melakukan yang terbaik juga bagi masyarakatnya. Tentu jika saya bukan seorang wakil Bupati, maka saya tidak punya kapasitas untuk melakukan itu. 

Sikap saya tidak serta merta bertujuan mengintimidasi politik dalam rangka pilkada. 
Bila mereka yang saya tolong tidak memberikan doa dan dukungan nya kepada saya ketika maju menjadi peserta Pilkada,  buka malah membuat saya sakit hati ataupun kecewa. Jujur saya semata mata ingin menunjukan jiwa pemimpin yg sepatut nya.   Dilakukan yakni mengayomi.
 
Tentu itu dilakukan selaras dengan kapasitas saya pribadi sebagai seorang wakil Bupati yang terbatas memberi pertolongan dengan maksimal. Tentu bila suatu saat tuhan berkehendak dan saudara ku masyarakat Humbang memberi kesempatan, maka lebih dari apa yg saya perbuat ini pasti dapat dilakukan. Harapan saya, kehadiran saya di tengah-tengah masyarakat Humbang Hasundutan bisa menjadi berkat," ucap nya. (FT/MK) 
Share:
Komentar


Berita Terkini