Takjil Pedagang di Tanjung Morawa Disidak BBPOM

Editor: metrokampung.com
BBPOM sidak ke swalayan Irian Tanjung Morawa.

Tanjung Morawa, metrokampung.com
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan melakukan uji makanan berbuka (takjil) dan mengecek produk kadaluarsa di Swalayan Irian Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Jumat (15/3/24) sore.

Sampel takjil pedagang di Desa Limau Manis Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang diambil pihak BBPOM untuk dilakukan pengujian di mobil laboratorium yang diturunkan langsung ke lapangan.

Informasi diperoleh menyebutkan dari semua sampel tidak ditemukan bahan kimia dan zat berbahaya ataupun bahan tambahan yang dilarang. 

Selain makanan, pengujian juga dilakukan terhadap  minuman berbuka, jenis tahu, puding, sayur pecel, dadar, es semangka dan mie dan bakso.

"Setelah diuji ternyata tidak ada ditemukan mie dan bakso mengandung borax dan formalin,"kata Yanti salah satu pedagang makanan dan minuman untuk berbuka di Desa Limau Manis.

Punbegitu, BBPOM tetap memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi kepada pelaku usaha.

Menurut keterangan sejumlah pedagang takjil di tempat itu, BBPOM menghimbau untuk tetap waspada terhadap pewarna yang mencolok dan untuk makanan di swalayan ataupun di toko-toko lainnya. 

Selain pedagang takjil, BBPOM juga kembali menyasar supermarket Irian di Tanjung Morawa. 

Di tempat itu petugas masih menemukan makanan yang tempatnya rusak atau peot. Tapi sudah jauh berkurang dibanding pemeriksaan sebelumnya. Pada parcel yang dikhawatirkan ada produk mendekati kadaluarsa dan izin halal ternyata sudah baik semua.(ren/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini