Berita Pariwara : Melirik Si Dodo Petualang, Program Inovasi Dari Disperindag Langkat

Editor: metrokampung.com
Kadis Perindag Langkat, Ikhsan Aprija, SSTP, MSi. 

Langkat, Metrokampung.com
Sesuai dengan intruksi Pj. Bupati Langkat, H.M. Faisal Hasrimy, AP,MAP, seluruh OPD yang ada di jajaran Pemkab Langkat harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Lalu, seluruh OPD harus membuat inovasi agar pelayanan itu bisa maksimal dan bisa terus ditingkatkan.
       
Jadi, dia berharap, dalam 2- 3 bulan minimal harus ada 1 inovasi.  Nah, untuk itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Langkat terus berbenah untuk meningkatkan  pelayanannya kepada masyarakat, antara lain dengan membuat inovasi pelayanan, dengan tajuk Si Dodo Petualang. 
Tera/ Tera Ulang : Para petugas saat melakukan tera/ tera ulang dengan sistem 'door to door' agar lebih efektif dan efisien. 

Nah, Kadis Perindag Langkat, Ikhsan Aprija, SSTP, MSi menjelaskan bahwa meningkatkan pelayanan dan melakukan  inovasi adalah bagian dari 5  program 'Bubur Pedas' yang digagas oleh Pj. Bupati Langkat, H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP,  yaitu percepatan penurunan angka stunting, penurunan angka  kemiskinan yang  ekstrim, pencegahan inflasi, melakukan inovasi, meningkatkan  tata kelola pemerintahan serta pelaksanaan program strategis yang berkaitan dengan pelayanan.
       
Lebih lanjut, Ikhsan pun  menjelaskan bahwa satu cara untuk memastikan para konsumen mendapatkan barang sesuai dengan nilai tukar dan kondisi yang seharusnya adalah dengan menjamin timbangan atau takaran yang digunakan pelaku usaha (pedagang) itu tepat dan benar.  Jaminan itu bisa diberikan melalui pelaporan tera dan tera ulang ukur dan timbangan oleh Pemerintah Daerah setempat.
       
Penjelasan itu disampaikan Ikhsan kepada Metrokampung, di Stabat, Kamis (9/5/2024).
Nah, terkait dengan hal tersebut, Disperindag pun melakukan pengawasan terhadap alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) dalam rangka untuk meningkatkan perlindungan kepada masyarakat dan para konsumen dan untuk menjaga kualitas barang yang beredar serta menjaga agar kedua belah pihak memperoleh perlindungan yang sama (setara).



Arti Penting Tera/ Tera Ulang : Dengan sistem jemput bola seperti ini, masyarakat bisa melihat langsung, sehingga mengerti tentang arti penting tera/ tera ulang bagi masyarakat dan para pedagang. 

"Nah, sebagai instansi pemerintah yang menangani langsung kegiatan tera/ tera ulang pada UPT Metrologi Legal, maka kami buatlah inovasi dengan nama Si Dodo Petualang sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat agar lebih efektif dan efisien, yaitu dengan mendatangi langsung para pengusaha, dan  pedagang dengan sistem 'door to door' untuk melakukan tera/ tera ulang. Jadi, tidak lagi para pedagang yang mendatangi petugas di UPT Metrologi Legal, tapi para petugaslah yang mendatangi mereka ke pasar atau ke tempat- tempat usaha mereka," ujar Ikhsan.

"Inovasi ini sudah kami laksanakan sejak bulan Januari 2024 yang lalu. Jadi, Si Dodo Petualang (Sistem Door to Door Pelayanan Tera/ Tera Ulang) itu adalah sistem jemput bola dengan mendatangi para pedagang/ pengusaha dengan 'door to door' untuk melakukan tera/ tera ulang," tambahnya.

Tujuan Inovasi
Adapun tujuan dari inovasi ini, jelas Ikhsan,  adalah (1) untuk menumbuhkan budaya tertib ukur pada pedagang di pasar- pasar tradisional. (2) hal itu penting untuk penguatan ekonomi masyarakat dan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada para pedagang.

Manfaat Inovasi
Adapun manfaat yang diperoleh dari inovasi ini, antara lain (1) agar lebih efektif dan efisien, karena petugas yang datang, bukan sebaliknya.  (2) inovasi ini dilakukan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat dan para pedagang, sesuai dengan Permendag No. 67 Tahun 2018 tentang Alat Ukur, Takar dan Timbang. 
       
"Jadi, semoga bermanfaatlah bagi kita semua," pungkas Ikhsan.  (BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini