Polres Humbahas Tangani 801 Pelanggaran dalam Operasi Keselematan Toba

Editor: metrokampung.com
Iptu Aladin Baktiar siregar saat sosialisasi ke pengendara.

DOLOKSANGGUL-METROKAMPUNG.COM
Selama tiga pekan, 05 Maret -25 Maret 2018, pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba, personil Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui satuan lantas tangani 801 pelanggaran berlalulintas di wilayah hukum Polres Humbahas. Demikian disampaikan Kapolres Humbahas AKBP R Dayan melalui Kasat Lantas AKP Robinson Sembiring kepada wartawan di Dolok Sanggul, Rabu (28/3/2018).

Dijelaskan, dari jumlah pelanggaran diatas, kepada 252   pengendara roda dua dan roda empat dilakukan tilang (tindakan langsung). Sementara kepada 549 pengendara lainnya dilakukan dilakukan teguran.

Lebih lanjut, kata Robinson, dalam operasi keselamatan toba, pelanggaran lalulintas didominasi oleh pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm. Selain itu, boncengan lebih dari satu orang, tidak menyalakan lampu utama, tidak membawa surat-surat-surat dan kelengkapan kendaraan.

Sementara untuk pengendara roda empat dan kendraan khusus lainnya, pengendara cendrung tidak menggunakan sabuk pengaman, melanggar rambu parkir, melawan arus, surat-surat kendraan dan kelengkapan kendraan.

Katanya lagi, selama Ops Keselamatan Toba, pihaknya nihil menangani kecelakaan lalulintas (lakalantas).  “Selama operasi berlangsung, personil kita tidak menangani dan menerima laporan lakalantas,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Kanit III Sat PJR Poldasu, Unit Besitang itu menambahkan, di sela Ops Keselamatan Toba, pihaknya juga go to school guna penyuluhahn ke sekolah-sekolah agar para pelajar mudai dari SD hingga SMA sederajat paham dan mengerti akan pentingnya keselamatan berlalulintas. Selain itu juga dilakukan sosialisasi ke tempat ibadah dan mendatangi stasuin kendraan di pusat kota Dolok Sanggul serta membagikan bunga dan permen kepada pengendara yang mematuhi peraturan lalulintas.

Dijelaskan bahwa tujuan Ops Keselamatan Toba adalah untuk keselamatan lalulintas. Agar sasaran yang dicapai dapat menurunkan angka lakalantas dan ketertiban masyarkat dalam berlalulintas dapat terwujud. Meski Ops Keselamatan Toba sudah selelsai, Robinson menegaskan agar seluruh pengguna jalan khususnya para pemakai kendaraan bermotor tetap melengkapi kelengkapan kendaraanya dan surat berkendaraan serta  mematuhi segala peraturan berlalu lintas, agar terciptanya Kamseltibcarlantas. (Firman tobing/simon)
Share:
Komentar


Berita Terkini