Warga Hindu Ritual Tusuk Lidah, Polisi Sibuk Atur Lalu-lintas

Editor: metrokampung.com
Warga padati sekitaran Sungai Malinda, lokasi ritual tusuk lidah.

LB PAKAM- METROKAMPUNG.COM
Ratusan warga memadati Sungai Malinda Lubukpakam Kabupaten Deliserdang tempat pelaksanaan acara ritual tusuk lidah pakai besi, yang dilakukan umat Hindu Tamil, Jumat, (30/3/2018). Ritual itu bagian dari peringatan Pangguni Utiram yang dilakukan setiap tahun.

Ramainya warga yang datang membuat petugas kepolisian stand by di sekitaran Sungai Malinda. Polisi tampak sibuk mengatur lalulintas kendaraan.

Pemuda Tamil, Mahendra Mohan mengatakan kalau peringatan Pangguni Utiram sudah dimulai sejak Rabu, (28/3/2018) telah dilakuka penaikan bendera kodimarem pertanda bahwa telah dimulainya upacara Maha Puja Pangguni Utiram di kuil Shri Thendyutbani Jalan Sultan Hasanuddin Lubukpakam.

"Kalau penazar (yang ikutu tusuk besi) hari ini lebih banyak jumlahnya di banding tahun lalu. Sekarang ini jumlahnya lebih banyak. Jadi karena hari ini juga bertepatan hari Paskah yang diperingati oleh umat Kristen dan Sholat Jumat bagi umat muslim jadi kita juga menyesuaikan. Untuk pagi hari kita sempat tunda dulu pelaksanaan pemujaan Dewa Murga baru siangnya untuk pawai kita lakukan setelah selesai pelaksanaan ibadah sholat Jumat,"ujar Mohan.

Mohan menyebut seluruh biaya yang dikeluarkan pada pelaksanaan ini didapat dari umat. Untuk di Lubukpakam sendiri umat Hindu Tamil berjumlah kurang lebih 100 kepala keluarga. (dra/simon)

Share:
Komentar


Berita Terkini