Akibat Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Skip Nyaris Terseret Longsor

Editor: metrokampung.com
Longsor yang terjadi di Lingkungan Jalan Skip, Rantauprapat. 
Rantau-metrokampung.com
Hujan deras yang mengguyur wilayah Rantauprapat, pada Selasa (29/5) dini hari, mengakibatkan salahsatu rumah Parman Sitohang (44) warga jalan Skip, Kelurahan Rantauprapat Kota, Kecamatan Rantau Utara, nyaris terseret longsor.

Amatan dilokasi, tanah yang tergerus akibat diguyur hujan deras tersebut longsor sepanjang 6 meter, tepat di belakang rumah warga tersebut.

"Sewaktu hujan deras tadi malam, kami sekeluarga sedang tertidur nyenyak. Sehingga, kami tidak menyadari bahwa tanah yang berada di belakang rumah longsor. Pagi harinya, baru kami mengetahui hal itu," ungkap Parman, bersama warga lainnya.

Dia juga mengatakan bahwa, telah memberitahukan peristiwa itu kepada kepala lingkungan setempat, untuk seterusnya di lakukan penanganan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

"Kami sudah memberitahu Kepling disini. Dan Pak Kepling sudah melihat ke lokasi longsor, serta akan menindak lanjuti laporan tersebut ke pihak Pemerintah Labuhanbatu," ujarnya.

Parman berharap, pihak Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu agar dapat segera membangun beronjong penahan tanah, agar rumah warga di sekitar lokasi longsor tidak ikut terseret tanah.

"Kami berharap pihak pemerintah setempat dapat merespon keluhan warga atas kejadian ini, agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan di kemudian hari, seperti membangun tanggul penahan tanah," harapnya.

Sementara itu, Camat Rantau Utara Andre, belum berhasil dikonfirmasi terkait peristiwa, yang terjadi di wilayah kerjanya. Meskipun sudah di layangkan pesan singkat ke ponsel pribadinya, namun belum ada balasan.

Begitu juga, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Sofyan, belum berhasil dikonfirmasi terkait hal tersebut. Meskipun dicoba menghubungi ke nomor selulernya, namun tidak dijawab. Hingga berita ini dikirim.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Muflih S.H MH saat dihubungi wartawan terkait peristiwa ini mengatakan bahwa, akan segera memerintahkan pihak terkait untuk meninjau langsung ke lokasi.

"Kita akan memerintahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Labuhanbatu dan pihak Kecamatan Rantau Utara, agar segera melakukan peninjauan langsung ke lokasi longsor tersebut. Serta melakukan bagaimana penanggulangannya," ujarnya melalui seluler. (sw/simon)
Share:
Komentar


Berita Terkini