Bupati Samosir Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Editor: metrokampung.com
Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon, MM memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,Jumat (01/06/2018)di Tanah Lapang Pangururan,samosir.
SAMOSIR-METROKAMPUNG.COM
Pancasila merupakan ideologi,pandangan dan falsafah hidup yang harus dipedomani bangsa Indonesia.melalui falsafah ini proses penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara serta cita-cita proklamasi kemerdekaan diwujudkan.hari lahir pancasila telah ditetapkan pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 1 Juni dan untuk diperingati setiap tahunnya.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,Jumat (01/06/2018)di Tanah Lapang Pangururan,samosir Sumatera utara,Sejumlah tokoh, pejabat,pelajar dan elemen masyarakat hadir dalam upacara tersebut.
Thema peringatan  Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 "Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi".

Sambutan tertulis Presiden RI Ir.Joko Widodo yang dibacakan Bupati Samosir selaku Inspektur Upacara menyampaikan Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia.Selama 73 tahun Pancasila sudah bertahan dan tumbuh ditengah-tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya, serta pancasila sudah menjadi rumah kita yang Ber-Bhinneka Tunggal Ika.Sungguh pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada rakyat Indonesia, pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan, pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Proses Penaikan Sangsaka Merah Pitih di Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,Jumat (01/06/2018)di Tanah Lapang Pangururan,samosir
Rakyat Indonesia harus memahami semangat dan rohnya pancasila, tugas dan tanggungjawab kita bersama adalah untuk memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita bersama.Memperingati hari lahir pancasila kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.Semangat  persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat bhinneka tunggal ika untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar serta bangsa ysng memimpin.Semangat gotong royong yang merupakan luhur bangsa harus terus dipupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi.Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan.

Memperingati hari lahirnya Pancasila haruslah kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai pancasila serta terus mengamalkan warisan mulia para founding father untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Mengakhiri sambutannya, Presiden RI mengajak para ulama, tokoh agama, para guru dan ustand, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan,TNI. Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari, semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Turut hadir pada upacara ini Ketua DPRD Kabupaten Samosir Rismawati Simarmata,Wakapolres Samosir, Perwira Penghubung TNI J. Aritonang, Ketua dan anggota TP PKK Kabupaten  Samosir, Ketua dan anggota DWP Kabupaten Samosir,Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala, Para Asisten, Para Pimpinan OPD, Camat Pangururan, para anggota TNI/Polri, para ASN/ THL, Para anggota Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, para pelajar tingkat SD s/d SMA/SMK di Kecamatan Pangururan. Tema pada upacara peringatan hari lahir pancasila yaitu “Kita Pancasila: Bersatu, berbagi, berprestasi”. (Hunter's/Ton's)
Share:
Komentar


Berita Terkini