PARIWISATA

NASIONAL

Pembukaan Jalan 1 KM di Desa Kuta Dame Kec. Kerajaan Pakpak Bharat Menggunakan Dana Desa Tidak Sesuai RAB

Senin, 16 Juli 2018 | 14.34 WIB
Kali Dibaca |


Pakpak bharat.metrokampung.com 
Pembukaan jalan sepanjang 1000 meter dengan lebar enam meter dibiayai Dana Desa Kuta Dame, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2015 tidak bisa dimanfaatkan masyarakat.

Pasalnya, pembukaan jalan yang menghubungkan Dusun Galiaman Desa Kuta Dame tersebut sudah ditumbuhi rumput liar dan lumpur.

Amatan wartawan metrokampung.com akhir pekan lalu di lokasi, pembukaan jalan yang sudah terbuka tersebut sudah ditumbuhi rumput liar menyebabkan badan jalan tertutup.

Akibatnya, sepanjang jalan tak dapat dilalui kendaraan roda dua. Bahkan, untuk ukuran pejalan kaki saja sangat kesulitan mengingat badan jalan banyak rumput liar dan berlubang.

Diduga, pelaksanaan proyek pembukaan jalan tidak mengacu pada rencana anggaran biaya (RAB). Pasalnya, belum lama dibuka atau dibangun sudah tidak di perhatikan lagi. Akses yang seharusnya berfungsi sebagai penghubung dusun tidak bisa dilalui warga maupun petani setempat.

Pada dasarnya, pembukaan jalan sudah melalui musyawarah masyarakat dan tujuanya baik. Hanya saja, dalam pelaksanaan pembangunannya diduga tidak sesuai diharapkan dan tidak mengacu pada RAB dan teknis yang benar sehingga diterlantarkan begitu saja. Kepala Desa (Kades) Kuta Dame Tumpal Siregar hingga saat ini masih sangat sulit ditemui wartawan bahkan ingin konfirmasi ke kantor kepala desa juga sering tidak berada di tempat. ( vikram/simon)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru