PARIWISATA

NASIONAL

Pendidikan SD Yang Berada Di Wilayah Gugus 8 Pangururan Laksanakan KKG Paket

Sabtu, 14 Juli 2018 | 23.12 WIB
Kali Dibaca |

Peserta Kelompok Kerja Guru (KKG)Paket,Pendidikan SD Yang Berada Di Wilayah  Gugus 8 Pangururan.

SAMOSIR,METROKAMPUNG.COM
Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam memajukan suatu bangsa, sehingga pendidikan harus dilakukan secara profesional. Dan guru adalah ujung tombak dalam menentukan sukses atau tidaknya pendidikan, oleh karena itu guru harus mampu bersikap profesional dalam menyelenggarakan pendidikan. Kegiatan mendidik, mengajar dan membimbing adalah kegiatan yang urgent dalam keberhasilan pembelajaran maupun pendidikan, oleh karena itu sebelum malaksanakan pembelajaran guru dituntut untuk mampu menyusun sebuah perencanaan dengan baik.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan SD yang berada di wilayah gugus 8 Pangururan, melaksanakan KKG Paket dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya dan kompetensinya di bidang perencanaan pembelajaran, Sabtu (14/07/2018) bertempat di SDN 34 Lumban Suhisuhi Dolok Kecamatan Pangururan, Samosir.

A. Tujuan dilaksanakannya KKG Paket adalah :
1. Mengembangkan kompetensi guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran.
2. Terwujudnya sebuah pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti ( 1 ) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kolompok kecil maupun pembelajaran secara individual.
( 2 ) penyusunan materi ajar
( 3 ) pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaian yang selalu mengacu kepada Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan undikator pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.

B. MANFAAT KKG:
1. Memotivasi guru yang profesional untuk mengembangkan mutu dan prestasi kerja pada tempat tugas masing masing.
2. Meningkatkan kemampuan profesional Guru dalam mengembangkan kemampuannya di bidang penyusunan perangkat pembelajaran.

C. SASARAN
Terwujudnya peningkatan kompetensi Guru di gugus 8 pangururan memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap yang profesional sebagai guru sesuai tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Guru.

D. TARGET
Target yang harus dicapai dari kegiatan tersebut adalah peserta KKG 8
Hasil yang Diharapkan
Kegiatan Pemberdayaan Guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja Hasil yang di peroleh setelah kegiatan berupa:
1. Meningkatnya kompetensi guru di gugus 8 pangururan
2. Terpecahkannya masalah-masalah yang di hadapi guru anggota KKG dalam pembelajaran di kelas
3. Meningkatnya kemampuan anggota KKG untuk melakukan penelitian tindakan kelas ( PTK )

E. SASARAN
Pemberdayaan guru melalui Program BERMUTU memiliki sasaran kepada semua guru untuk Satuan Pendidikan SD yang berada si wilayah Gugus 8 Pangururan.

Inilah lima (5) Satuan Pendidikan SD yang berada di wilayah Gugus 8 Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir,yaitu; SDN 20 Lumba Suhisuhi Dolok, SDN 34 Lumban Suhisuhi Dolok, SDN 19 Pardomuan Nauli, SDN 21 Parbaba Dolok, SDN 37 Pardomuan Nauli sebanyak 41 Guru Kelas, terdiri dari 30 orang PNS dan 11 orang Honor Guru Pendidikan Agama dan Penjas. Adapun kategori guru sasaran PROGRAM BERMUTU.

Ketua Pengurus Gugus VIII Sitare-tareon yang juga Kepala Sekolah SDN 20 Lumban Suhi-suhi Dolok, Jarusin Sinaga S.pd ( Ketua ) menyimpulkan,"Program BERMUTU dapat meningkatkan kualitas guru di KKG Gugus 8 Pangururan karena dengan kegiatan ini pengetahuan dan wawasan meningkat secara signifikan dan menghasilkan efek positif pada peningkatan kualitas pembelajaran," ujarnya.

Pengurus Gugus VIII Sitare-tareon Pangururan

Ditambahkanya,Peningkatan Kualitas pembelajaran ini otomatis dapat meningkatkan mutu hasil belajar pada khususnya,dan mutu pendidikan pada umumnya.

"Selain itu program BERMUTU ini dapat mempercepat proses kualifikasi akademik bagi guru yang belum berkualifikasi S.1 dengan mengajukan portofolio guru," ujar Jarusin Sinaga.

Berikut Nama-nama Sekolah dan Pengurus Gugus VIII Sitare-tareon, yaitu:
Kepala Sekolah SDN 20 Lumban Suhi-suhi Dolok,Jarusin Sinaga S.pd ( Ketua )
Kepala Sekolah SDN 21 Parbaba Dolok
Tuahman J Purba S.pd ( Sekretaris )
Kepala Sekolah SDN 19 Pardomuan Nauli
Binapia Simarmata S.pd( Bendahara )dan Anggota,Kepala Sekolah SDN 34 Julian Rita Tampubolon S.pd
Kepala Sekolah SDN 37 Pardomuan Nauli
Muller Turnip S.pd

Berikut Nama-nama Pengurus KKG (Kelompok Kerja Guru)
Ketua : Edika Simbolon S.pd
Sekretaris : Nesli R Nadeak S.pd
Bendahara : Sarlina Simamora

(Hunter'S /Ton's)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru