Bumdes Benteng Jaya Bantu Masyarakat

Editor: metrokampung.com
Kades Benteng Jaya Sugiat (kanan) mengawasi pemasangan teratak BUMDes yang  sedang  dipasang di pesta hajatan warga.

Batubara - Metrokampung.com
Masyarakat Desa Benteng Jaya Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara merasakan manfaat pengadaan seperangkat teratak (perlengkan pesta) yang bersumber dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Benteng Jaya karena dirasakan membantu masyarakat.

"Setelah ada teratak BUMDes, saya selaku masyarakat sangat terbantu. Kalau menyewa teratak dengan pengusaha teratak bisa mengeluarkan biaya diatas tiga juta rupiah. Tapi pada hajatan saya ini yang  menggunakan teratak BUMDes biaya yang dikeluarkan hanya sekitar satu juta" ujar  Abdillah salah seorang warga di Desa Benteng Jaya, Selasa  (2/10).

Ketua BUMDes Joko Priono didampingi  Bendahara Sufiyanto membenarkan sejak ada teratak di BUMDes warga desa yang memiliki hajatan sangat tertolong.

"Kita sengaja menetapkan tarif murah agar terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat terlebih masyarakat dari lapisan bawah", terang Joko Priono.

Terkait selentingan yang beredar ditengah-tengah masyarakat desa yang menyatakan pengelolaan tidak transparan ditampik Joko Priono. Joko menjelaskan sebelum  BUMDes membeli peralatan teratak  telah melalui musyawarah yang melibatkan berbagai  elemen masyarakat desa. Pada saat musyawarah dikatakan Joko,  telah diputuskan  membeli peralatan teratak.

Mengenai pembelian teratak diungkapkan Joko, saat hendak membeli teratak pihaknya ditemui salah seorang warga yang memohon agar terataknya dibeli oleh BUMDes. Karena kondisi teratak yang ditawarkan masih bagus dan harganya tergolong murah maka BUMDes memutuskan membelinya.

Meski begitu, tambah Joko, pihaknya masih membeli peralatan baru menambah peralatan yang dibeli dari warga.

Malah tambah Joko, untuk melengkapi peralatan teratak yang diadakan pada tahun 2017 melalui DD pada tahun ini direncanakan untuk menambah peralatan karena masyarakat menyambut positif serta banyak yang menggunakanya.

Dilain pihak, Kades Benteng Jaya Kecamatan Sei Balai Sugiat juga membantah tudingan segelintir warga  yang menyatakan dirinya melakukan  pembohongan kepada warga desa. " Itu tidak benar karena pengelolaan sudah merupakan wewenang pengurus BUMDes.  Operasional dan  pengadaan  di BUMDes sudah transparan. Saya terus memantau perkembangan BUMDes agar pengelolaannya  benar-benar bermanfaat bagi masyarakat", jelas Sugiat. (Ebson AP/red)

Share:
Komentar


Berita Terkini