SUMUT

NASIONAL

Kadis Pendidikan Tobasa Segera Terapkan e_BOS

Kamis, 18 Oktober 2018 | 18.14 WIB
Kali Dibaca |

Kepala Dinas Kabupaten Tobasa, Drs Parlinggoman Panjaitan MM.
Tobasa-metrokampung.com
Untuk menjamin pendistribusian Dana BOS pada kebutuhan sekolah, Kadis Pendidikan Tobasa Drs Parlinggoman Panjaitan MM  mengatakan akan segera sosialisasikan program e_BOS.

Akan membuka secara resmi penerapan Elektronik dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi seluruh SD dan SMP se Kabupaten Tobasa pada Kamis (17/10/2018).

Panjaitan menjelaskan, latar belakang penerapan sistem ini, bahwa setiap tahunnya tidak pernah luput dari temuan BPK yang kurang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kepala Sekolah dari tingkat SD dan SMP Se Kabupaten Tobasa akan segera di pertemukan dalam pembahasan e-BOS.

Hal ini dikarenakan pemahaman akutansi keuangan tentang penentuan Kode Rekening, Pembuatan Rencana, Realisasi yang tidak sesuai dengan rencana dan kurangnya disiplin dalam belanja modal, ungkap Parlinggoman.

Lebih lanjut Panjaitan  mengharapkan, dengan rencana penerapan e-BOS ini akan dapat membantu pengeloaan Dana BOS sesuai dengan juknis yang berlaku dan meminimalisir temuan temuan BPK.

Dengan maksud agar semua Kepala Sekolah menerapkannya dalam pengelolaan dana BOS. Sebelum pelaksanaan e-BOS ini di terapkan (Peluncuran), sudah dilakukan sosialisasi bagi kepala sekolah dan para operator, ujarnya.

"Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah satu satunya tugas sekolah yang harus ditopang dengan berbagai upaya termasuk dalam peningkatan anggaran pendidikan, untuk itu sejak tahun 2005 diluncurkanlah hibah dana BOS untuk tiap sekolah.

Cukup banyak kebaikan dengan dikucurkannya dana Bos ini, namun tidak bisa dipungkiri adanya kelemahan yaitu penyalahgunaan oleh oknum-oknum tertentu, persoalan dalam pengelolan, dan kurang trasparansi, bebernya.

Panjaitan juga meminta para Kepala Sekolah untuk meningkatkan kwalitasnya sehingga dapat bekerja dengan baik.(*e_red)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru