SUMUT

NASIONAL

Bupati Ashari Tambunan Hadiri Pelantikan DPC APDESI Kabupaten Deliserdang

Kamis, 21 Maret 2019 | 01.39 WIB
Kali Dibaca |


Lb Pakam - metrokampung. com
Sebanyak 380 desa yang ada di Kabupaten Deliserdang menjadi bagian dari desa binaan Kejaksaan Negeri (Kejari) Deliserdang. Penandatanganan MoU antara Kejari Deliserdang dengan Perwakilan Pemerintah Desa dilaksanakan di gedung Balairung Pemkab Selasa, (19/3). Penandatanganan itu dilakukan oleh Kajari Deliserdang, Harli Siregar dan disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan dan Zainuddin Mars, hadir juga dalam acara ini Ketua DPRD Provsu H Wagirin Arman, Kapolres Deli Serdang AKBP Eddy suryantha Tarigan SIK serta pengurus Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),Sekjen DPP APDESI Pusat Ipin Arifin, Ketua DPD APDESI Prov. Sumatera Utara Suparman . Acara penandatanganan ini dilakukan bersamaan dengan pelantikan pengurus baru Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Deliserdang.

Harli Siregar menyebut sebagai penegak hukum mereka hanya ingin agar para Kades dan perangkatnya dapat nyaman dalam menjalankan tugasnya. Ia menyebut apa yang dilakukan oleh pihaknya ini merupakan hal yang pertama di Sumatera Utara. Meski demikian ia memberikan penegasan walaupun desa menjadi binaan Kejaksaannya bukan berarti ini menjadi beking.

" Kita tetap melakukan pengawalan karena ini perintah Bapak Presiden Jokowi. Kami tidak akan mencampuri substansi karena pembangunan dirancang mulai dari Musrembang Desa. Kami akan memberikan pencerahan baik yang sifatnya pidana maupun perdata. Kami juga minta agar tidak ada lagi pungutan. Saya mau jelaskan bahwa sekarang kami akan bekerja untuk desa,"kata Harli.



Disebut kalau desa yang maju adalah harapan semua pihak. Jika desa maju tentu akan menjadikan Kecamatan menjadi maju dan apabila Kecamatan sudah maju maka akan menjadikan Kabupaten maju dan seterusnya ke tingkat Provinsi dan kemudian menjadikan negara selanjutnya menjadi maju. Dijelaskan kalau sebelumnya sudah ada lima desa yang masuk menjadi desa binaan mereka. Untuk yang terakhir yang menjadi desa binaan mereka adalah 375 desa lagi.

Sementara itu Bupati Ashari dalam sambutannya menyampaikan Kepala Desa Salah penanggungjawab roda pemerintahan. Maka dari itu sudah menjadi keharusan agar pengelolaannya bisa dilakukan sebaik mungkin sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Ia mengharapkan agar asosiasi yang terbentuk dan dilantik ini bisa menjadi wadah untuk menjadikan masyarakat yang lebih sejahtera.

" Tentunya melalui ide-idenya. Ucapan selamat tentunya dan apresiasi kepada bapak dan ibu yang baru dilantik semoga dapat mengemban tugas dan amanah dengan sebaik baiknya,"ujar Ashari.

Ketua APDESI Deliserdang yang baru dan dilantik adalah Hajeman yang merupakan Kades Bandar Labuhan Kecamatan Tanjung Morawa. Sementara untuk posisi Wakil Ketua diantaranya Joko Susilo yang merupakan Kades Sambirejo Timur Kecamatan Percut Seituan. Untuk sekretaris dijabat oleh Kades Pasar Miring Kecamatan Pagar Merbau. (dra/mk)



Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru