Meriahkan PRSU Pemkab Deliserdang Gelar Malam Pesona Budaya

Editor: metrokampung.com

Medan - metrokampung. com
Penampilan tarian multi etnis  Malam Pesona  Budaya Deli  Serdang   meriahkan  Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU)  ke-48  tahun 2019 di open stage  kompleks  Tapian Daya  Jalan  Jend Gatot Subroto Kota  Medan, Minggu  (24/3)  malam.

Malam Pesona Budaya  Deli Serdang  yang menampilkan  tarian  tradisi  murni dan kreasi baru multi etnis yang bertemakan “ Bersatu dalam kebhinekaan”  dimana  kemeriahan acara ini  di dukung seni kontemporer kolaborasi 16 Sanggar di Kabupaten Deli Serdang dirangkai  acara quis berhadiah  sepeda  gunung ,sepeda mini dan hadiah hiburan lainnya membuat riuhnya tepuk tangan ribuan pengunjung  yang tidak  beranjak dari tempat duduk hingga  penampilan usai.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan yang hadir bersama Ketua  TP PKK Ny Hj Yunita Ashari Tambunan, Asisten III  H Jentralin Purba , para Staf Ahli Bupati, Kadis Kepemudaan, Olahraga , Kebudayaan dan Pariwisata H Faisal Arif Nasution Msi ,Kabag  Perekonomian  Putra Jaya Manalu MM , Wakil Bupati terpilih HM Ali Yusuf Siregar dan Pimpinan OPD lainnya ,  para Camat,praktisi seni dan tokoh budaya pada acara malam pesona ini    mengatakan ,  dengan tema “ Bersatu dalam kebhinekaan “ adalah untuk  mengupayakan agar kita dapat bersama – sama melestarikan warisan para leluhur kita.



Sedangkan  tampilan Pesona Budaya  Deli Serdang lewat tarian multi etnis  ini adalah untuk mengangkat kearifan lokal kita  diantaranya seni pertujunkan Adat Melayu, Toba dan jawa, syair, hadrah dan seni rupa. Setelah menyaksikan pagelaran ini, kita berharap dapat menggugah semangat seluruh masyarakat khususnya para generasi muda untuk mengenal dan mencintai budayanya sendiri. Hal ini sangat penting, mengingat di zaman sekarang ini, dimana arus globalisasi dan budaya barat terus menggerus budaya daerah. Yang tentunya secara tidak langsung, hal tersebut akan berdampak dan mempengaruhi karakter budaya bangsa kita.

Oleh karenanya  sudah sepantasnyalah kita mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para seniman,budayawan,penggiat dan pemerhati seni Kabupaten Deli Serdang yang telah bersusah  payah mempersiapkan pagelaran ini, mulai dari berlatih sampai pada penampilannya malam ini, seluruh isi dan rangkaian pagelaran malam pesona Deli Serdang yang ditampilkan pada malam hari ini adalah milik dan kebudayaan kita bersama. Mari kita pertahankan, lestarikan sehingga kedepan menjadi icon dan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Deli Serdang,” ujar  H Ashari Tambunan”.

Kadis  Kepemudaan ,Olah Raga ,Kebudayaan  dan Pariwisata H Faisal Arif Nasution  MSi dalam laporannya mengatakan ,acara malam pesona ini merupakan persembahan  yang dikemas melalui seni kontemporer yang meliputi tari,music,vocal,rupa, drama  dan sastra yang disajikan secara kolaborasi 16 sanggar di Kabupaten Deli Serdang yaitu  Lembaga Kesenian Tamora 88,Sanggar Tari Cipta Pesona,Gatrasindo,Tuah Deli,Sanggar Seni Cahaya Permata ,  Cadika, Pusaka Serumpun, Tirta Deli, Tetas,Melati, Sanggar Siswo Langgeng Budoyo, Sanggar Hang Tuah, Sanggar Serampang Laut, Fosad (Forum Sastrawan Daerah)  Deli Serdang, lingkaran dan Mardi Lestari.(dra/mk)  



Share:
Komentar


Berita Terkini