SUMUT

NASIONAL

Bisnis Kreatif di Bulan Puasa

Minggu, 12 Mei 2019 | 19.07 WIB
Kali Dibaca |


Porsea-Metrokampung.com
Bulan ramadan tengah berlangsung, banyak kebiasaan yang berubah, salah satunya pola makan. Pada cuaca panas kali ini, rata-rata orang memilih kuliner serba manis dan dingin sebagai menu berbuka.

Kuliner saat berbuka bisa jadi peluang usaha yang sangat laris dan tentunya mampu memberikan keuntungan.

Para pedagang kurma, persiapkan dagangan hingga dua kali lipat di bulan Puasa. Manisnya kurma juga bisa menjadi berkah untuk meraup keuntungan.

Porsea Kabupaten Tobasa tepatnya di sepanjang Jalan Singamangaraja banyak pedagang kurma menjajakan dagangannya pada saat Bulan Ramadan.


“Harganya pun beragam, mulai Rp25 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Namun, jenis kurma yang paling dicari dan diminati pembeli adalah kurma Mesir, ”kata pedagang kurma, Haji Siregar minggu 12/5"19 di Porsea.

Bisnis Pisang goreng menjadi pilihan berbuka puasa. Sajian pisang goreng  merupakan kuliner yang banyak diburu warga.

Helmi Manurung, ibu lima anak ini dapat meraih omzet hingga Rp1 juta per hari, jika berdagang satu bulan penuh, ia bisa mengantongi Rp30 juta.

Kecamatan Porsea yang kaya akan pohon pisang banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar dan menjadi salah satu komoditi andalan. “Seperti menjual ke luar Tobasa maupun mengolah menjadi kuliner dan dipasarkan di dalam daerah,” ujarnya.

Bisnis pisang kolak, sajian kuliner yang satu ini juga cocok dijadikan menu berbuka puasa. Manis dan dingin bisa jadi duet yang pas untuk bisnis kuliner.

Ayu, perempuan berdarah Sunda kelahiran Cirebon agustus 1978 ini memulai usaha dengan modal sekira Rp150 ribu, namun, semakin berkembang, keuntungan yang diperolehnya pun semakin banyak.

Setidaknya, jutawan bisa masuk ke kantongnya dari bisnis kuliner pisang kolak menjadi jalan kesuksesan yang diraihnya. Makanan ini merupakan makanan tradisional khas Porsea terbuat dari bahan dasar pisang raja dibalut dengan tepung beras.

Namun dalam penyajiannya dirinya berinovasi dengan menambah cita rasa baru dengan berbagai varian rasa, yaitu fla cokelat, vanila, stoberi, durian, dan rasa orisinal pisang asli.(e/mk)

Fhoto: Kuliner buka puasa asal Porsea pada bulan suci ramadan.


Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru