Jelang FBB 2019Ketua TP PKK Kabupaten Karo, Ny.Sariaty Berahmana Prakarsai Penanaman Bunga Tasbih di Kabanjahe

Editor: metrokampung.com
Ketua TP PKK Kabupaten Karo, Ny. Sariaty Brahmana didampingi Ketua PMS Kab Karo  , Beres Brahmana lakukan penanaman bunga.

Karo, metrokampung.com
Jelang festival bunga dan buah, tanggal 5-7 Juli 2019, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga  (PKK) kab. Karo sesuai peran dan fungsinya dalam mendukung program pemerintah daerah, sebagai landasan kebijakan suatu perencanaan gerakan membantu pemda daerah jelas dalam perpres  (Peraturan Presiden) No 99/2017.

Program dan ide kita buat dalam memperindah seputaran jalan Kabanjahe - simpang ujung Aji , khususnya di jalan yang baru di perlebar, kita prakarsai untuk menanam bunga Tasbih yang lebih dikenal dengan sebutan bunga Canna, bermodalkan murah meriah serta gampang pengurusannya, hal ini dikatakan ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana saat berada di depan Kolam Milala Kabanjahe, Jumat (28/6) pukul 09.00 dalam rangka  penanaman perdana.

Kegiatan ini, kita libatkan unsur pemerintah dan unsur organisasi kemasyarakatan ysitu dinas  lingkungan Hidup dan Kehutanan Plt. Liasma Br Ginting, Kabad LHK Ida, Kabid Dinas Pertamanan Baron Kaban, Ketua DPD PMS kab. Karo  Beres Brahmana, Dananta Barus Ketua Harian PMS kab. Karo dan Humas PMS Jerry Novanda.

Menurut Ny Sariati, penanaman bunga tasbih ini terinspirasi dan dipilih untuk ditanam disepanjang pulau pulau jalan, karena sering saya melihat di sepanjang jalan  menuju bandara Soekarno Hatta dimana bunga tasbih ini jika tumbuh akan berbunga besar dan berwarna warna
seperti merah, merah muda, dan kuning yang tersusun dalam bentuk tandan," ujarnya.

Keindahan bunga tasbih ini menarik perhatian banyak pemulia tanaman (breeder) untuk menyilangkannya hingga mendapatkan banyak kultivar atau hibrida eksotik," jelasnya.

Sementara kabid Pertamanan Baron Kaban mengapreisasi langkah kepedulian ibu ketua TP PKK kab karo Ny Sariati Terkelin Brahmana yang mau turut andil dan sumbangsih pemikiran dan kreatifitas untuk menata kota kabanjahe dengan melalui penanaman bunga Tasbih," ujarnya.

Iya, kita sudah dari awal kordinasi dengan ketua TP PKK kab karo untuk rencana penanaman bunga tasbih, sehingga bunga tasbih jauh hari sudah kita siapkan 2500 bibit bunga  sekaligus kegiatan ini menunjang rencana festival bunga dan buah yang tak lama lagi akan diselenggarakan, hanya tinggal hitung hari lagi.

Iya, acara ini sudah kita siapkan bunga tasbih sebanyak 2.500 untuk ditanam, dengan sepanjang jalan Kabanjahe hingga kantor bulog Kabanjahe.,diperkirakan jaraknya  600-700 meter," tambahnya.

Pelaksana tugas lingkungan hidup dan kehutanan Liasma Br Ginting mengatakan siap mendukung program ketua TP PKK kab karo ini, setelah ditanam nanti kami LHK akan melakukan pembersihan rumput dan sampah  sekitar keberadaan bunga yang ditanam tersebut setiap hari akan kita kontrol," ungkapnya.

Ketua DPD PMS kab karo Beres Brahmana memuji dan mengucapkan terimakasih kepada ketua TP PKK kab karo Ny Sariati Terkelin, dimana PMS kab karo  diberikan andil dan bersama sama melakukan penanaman bunga tasbih adalah suatu kehormatan bagi PMS kab. Karo," ucapnya.

Untuk itu kami PMS kab karo selalu siap Garda terdepan dalam mendukung kebijakan pemda Karo, terlebih memajukan kab. Karo,PMS siap tampil selalu jika dibutuhkan,iya kita siap dipanggil bekerjasama seperti hal sekarang ini, adalah pekerjaan yang positif yang tidak ternilai harganya," jelas Beres.

Terpisah, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan sangat mendukung penanaman bunga tasbih yang di prakarsai ketua TP PKK kab karo ini, mari kita jaga dan lestarikan, jangan setelah ditanam dibiarkan begitu saja, sebab pemda tidak sanggup tanpa bantuan masyrakat juga," imbuhnya.

Kedepan, hal seperti ini bagi SKPD yang terkait didalamnya, jadikan contoh  dan teruskan ketempat yang lain, kegiatan yang serupa, jangan hanya seputaran Kabanjahe, tapi merata dititik titik yang dapat ditanam bunga tasbih, ya silahkan tanam, agar kab karo  menjadi kota wisata bunga indah, menarik serba warna warni saat orang melintasi setiap jalan yang ditumbuhi bunga tasbih , ini harapan kita," sambungnya.(amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini