SUMUT

NASIONAL

Labura Peringati Hari Lahir Pancasila Sebagai Penyatu Bangsa

Minggu, 02 Juni 2019 | 15.47 WIB
Kali Dibaca |

Pengibaran bendera merah putih oleh satpol PP Labura disaksikan peserta dan Inspektur upacara.

Labura -metrokampung.com

Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila," ujar Wakil Bupati Labura Drs.H.Dwi Prantara, MM membacakan pidato  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Upacara hari Lahir Pancasila ,yang berlangsung di Halaman kantor Bupati Labura, Sabtu (1/6/2019).

Sebagai Inspektur upacara (Irup) Wakil Bupati Labura Drs.H.Dwi Prantara,MM juga Mengutara kan,  bahwa Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengibaran bendera merah putih oleh satpol PP Labura disaksikan peserta dan Inspektur upacara.

Usai melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila,Wabup Labura Drs H Dwi Prantara mm  di abadikan bersama Korpri, TNI, Polri di Kantor Bupati Labura. 

Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-niali Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita pancasila." itu lah sederet Pidato BPIP yang di sampaikan Wabup Labura.

Bertindak sebagai komandan upacara danton kompi 126 kalacakti damuli.

Dibulan suci Ramadhan 1440 H/2019 ini tidak menyurutkan semangat yang diikuti Peserta upacara TNI/Polri, Damkar, BPBD, Dishub, Satpol PP, ASN, Non ASN, ormas FKPPI, dan Pemuda Pancasila.

Jajaran OPD Labura, Kepala BNNK Labura, Danramil 01 AekKanopan T.Hasibuan, Kapolsek Kualuh Hulu AKP Asmon Bufitra,SH,para PNS memakai seragam Korpri sementara Ormas menggunakan seragam masing -masing dengan hikmat mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila sementara petugas  pengibar bendera oleh Satpol PP Labura.(stjg/kur)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru