SUMUT

NASIONAL

Disaksikan Menristek Dikti, PLN Berikan Layanan Prioritas kr Pemkab Dairi

Senin, 15 Juli 2019 | 21.09 WIB
Kali Dibaca |

Manager PLN UP3 Bukit Barisan Hiro Pangkir Pardede menyerahkan sertifikat Green Energy kepada Bupati Dairi Eddy Berutu dalam rangkaian kegiatan Ristek Expo 2019 yang diadakan Kemenristek Dikti di Kota Sidikalang.

Sidikalang, metrokampung.com
Electrifying Lifestyle menjadi kampanye yang saat ini digaungkan PLN dalam mengajak masyarakat hidup serba listrik.

Selain mendukung Go Green, Electrifying Lifestyle ini juga membuat masyarakat lebih hemat energi bahan bakar fosil yang saat ini sudah semakin menipis.

 Tidak hanya di Ibukota Provinsi, PLN pun menerapkan kampanye ini di seluruh Kota dan Kabupaten di Sumatera Utara. Hal ini dibuktikan melalui penandatanganan MoU PLN bersama Pemkab Dairi pada Sabtu, 13 Juli 2019 bersamaan dengan Ristek Expo 2019 yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia di Kota Sidikalang.

Menristek Dikti M Nasir bersama Bupati Dairi Eddy Berutu berfoto bersama para peserta lomba memasak yang digelar PLN dalam kegiatan Ristek Expo 2019 di Kota Sidikalang.

Manager PLN UP3 Bukit Barisan Hiro Pangkir Pardede mengungkapkan, MoU ini merupakan bentuk kerjasama dalam percepatan penagihan rekening listrik serta penggunaan Listrik Prabayar serta Layanan Premium Energy.

"Nantinya Pemkab Dairi mendapat layanan listrik berasal dari Pembangkit Green Energy, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Mini Hidro (PLTMH) diantaranya PLTA Renun (1 x 30 MW), PLTMH Kombih 1 (1 x 5 MW) serta PLTMH Kombih 2 (1 x 5 MW) dengan total 40 MW, di mana pasokan listrik Green Energy ini sudah sangat mampu dan surplus untuk melistriki kebutuhan listrik sebesar 10 MW di Kabupaten Dairi," terangnya.

Melalui MoU ini juga, lanjut Hiro, Pemkab Dairi juga mendapat sertifikat Green Energy, yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarat di Pemkab Dairi karena produk-produk yang akan ditawarkan memiliki daya saing dengan branding Green Energy.

"Dalam MoU ini, PLN bekerjasama dengan Pemkab Dairi dalam pertumbuhan rasio elektrifikasi baik melalui Listrik Pedesaan, penggunaan peralatan serba listrik, serta kehandalan jaringan listrik di daerah Dairi. Penandatanganan MoU ini juga menjadi ajang penandatanganan Layanan Prioritas untuk kantor Pemkab Dairi.

Disaksikan langsung Menteri Ristek Dikti RI Mohammad Nasir, deklarasi Green Energy ini menjadi terobosan bersama dalam meningkatkan kemajuan perekonomian dan kesejahteraan Kabupaten Dairi yang memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik, penghasil kopi, jagung dan kemenyan, serta mengajak masyarakat untuk hidup serba listrik.

Dalam arahannya Nasir mengharapkan industri rumah tangga berkembang baik dengan adanya MoU bersama ini.

"Kita berharap dengan adanya listrik yang diberikan PLN kepada masyarakat, kesejahteraan hidup bisa meningkat di Kabupaten Dairi," ujar Nasir pada saat mengunjungi Booth PLN.

Selain penandatanganan MoU, PLN juga mengadakan acara Lomba Memasak menggunakan Kompor Induksi yang diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari ASN Pemkab Dairi.(rel/dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru