SUMUT

NASIONAL

Kemenag Batubara Gelar Manasik Haji Kepada 314 Jamaah Calhaj Batubara

Rabu, 17 Juli 2019 | 15.07 WIB
Kali Dibaca |

Kakan Kemenag Kabupaten Batubara Ahmad Sofyan saat memberi pembekalan kepada 314 calhaj Batubara.

Batubara - Metrokampung.com
Penyelenggaraan bimbingan manasik haji dilakukan untuk meningkatkan pemahaman kepada para jamaah haji agar mereka bisa melakukan ibadah haji secara mandiri, dan mereka bisa melakukan tanpa ketergantungan pada petugas.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Kabupaten Batubara Ahmad Sofyan, MA kepada wartawan, Rabu (17/07) disela-sela penyelenggaraan manasik haji di kantor Kemenag Kabupaten Batubara.

Kepala Kemenag Batu Bara H.Ahmad Sofian,MA  menjelaskan, bahwa kegiatan bimbingan manasik Haji yang dilakukan tersebut merupakan kerjasama Pemkab Batubara dan Kementerian Agama Kabupaten Batubara.

"Kegiatan Bimbingan Manasik Haji tersebut dilakukan sebanyak 2 kali Pertemuan yakni dari Pemkab dan dari Kemenag Batubara,"ujarnya.

Sofian menjelaskan, pembekalan bimbingan manasik haji tersebut dilakukan untuk memberikan bimbingan Kepada Ketua Regu (KARU) dan Ketua Rombongan (KAROM) dan dilanjutkan bimbingan manasik haji kepada para jamaah haji. Dan penutupannya nantinya akan dilakukan kegiatan praktek simulasi masik haji di PT Inalum Kuala Tanjung.

"Dan Pada hari Kamis (18/7) besok, akan dilakukan kegiatan tepung tawar para jamaah haji dihalaman Kantor Bupati Batubara,"ungkapnya.

Adapun nasumber dalam kegiatan tersebut yakni dari Kemenag Batu Bara, Kasi Haji, Kanwil Provsu salah satu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Ustadz H.M.Nasir Lc, dari Dinas Kesehatan, KKP Propinsi Sumatera Utara dr.H.Ziat, dan juga dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

"Kita berharap kepada para jamaah haji yang berangkat nantinya yang pertama tentunya diminta agar dapat menjaga kesehatan, sebab ibadah haji totalitas fisik, kemudian jaga kekompakan untuk supaya segala sesuatu dapat di ikuti agar para jamaah haji dapat aman dan nyaman, dan juga disiplin dari pemberangkatan dan pulang nantinya", ungkapnya.

Disebutkan Sofyan pemberangkatan 314  jamaah haji Kabupaten Batubara akan dilakukan pada tanggal 29 Juli 2019 dilepas dari Kantor Kementrian Agama Batubara.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Batu Bara Syahri Amauliddin, menjelaskan bahwa jumlah para jamaah haji Batu Bara yang akan berangkat pada tahun 2019 ini berjumlah 314 orang jamaah.

"Dengan rincian, jamaah laki-laki 129 orang jamaah, dan perempuan 185 orang jamaah. Kemudian jumlah petugasnya yakni petugas TPHD 2 orang, TPIHI 1 orang, TPHI 1 orang, dokter 1 orang, dan perawat 2 orang, dan totalnya 321 orang,"jelasnya.
Syahri juga menjelaskan, adapun jamaah tertua di Kabupaten Batu Bara tahun ini bernama Ngatinem Karto Dimejo umur 90 tahun, warga Dusun 1, Desa Sei Suka Deras, Kecamatan Sei Suka, Batu Bara.

Sedangkan  jamaah termuda bernama Indra Bin Amansyah Muhammad Nur usia 29 tahun warga Dusun VII, Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Batubara.(ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru