Lestarikan Lingkungan, PLN Tanam Ribuan Mangrove

Editor: metrokampung.com

Belawan - metrokampung. com
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIK SBU) bekerja sama dengan Rumah Zakat melakukan penanaman 10,000 batang mangrove di Lingkungan XVIII Sicanang, Belawan sebagai bentuk CSR PLN Peduli. Launching penanaman mangrove ini diadakan pada Senin (15/7) dan dihadiri oleh Kepala Bidang Sumber Daya Alam dan Kemitraan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, perwakilan Lurah Belawan Sicanang, dan perangkat desa lainnya.

PLN diwakili oleh Manager Bagian Pemeliharaan UPK Belawan, Wan Mahdanil, dan Asisstant Manager CSR, Waldy Gunawan, menyerahkan secara simbolis bantuan Penanaman dan Perawatan 10,000 Mangrove kepada para petani di lingkungan sekitar. Mangrove tersebut akan ditanam di lokasi bekas tambak masyarakat yang terancam mengalami erosi, abrasi, dan intrusi air laut.

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Sumber Daya Alam dan Kemitraan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Ilham Nur, menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah peduli terhadap lingkungan khususnya lingkungan yang berada disekitar unit bisnisnya. Ilham juga menyampaikan bahwa sebaiknya PLN tidak memberikan bibit saja, tetapi juga terus memantau kegiatan perawatannya agar bantuan yang diberikan menjadi maksimal.

Dalam launching penanaman mangrove ini, Manager Bagian Pemeliharaan PLN UPK Belawan, Wan Mahdanil, memaparkan secara singkat kepada masyarakat mengenai kegiatan bisnis pembangkitan PLN di Belawan serta komitmen untuk tetap memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Wan Mahdanil juga berharap bahwa mangrove tersebut dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat dan lingkungan.


Sebagai mitra PLN dalam penyaluran program CSR ini, Branch Manager Rumah Zakat Medan, M. Yunus Azis, mengatakan bahwa Penanaman 10,000 Mangrove ini dilakukan di tiga lokasi yang ada di Kelurahan Belawan Sicanang, yaitu Lingkungan XV, XVIII, dan XX.

CSR Penanaman 10,000 Mangrove ini juga didukung oleh Sekretaris Lurah Belawan Sicanang, Petrus Tampubolon. Petrus menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang terus memperhatikan kesejahteraan warga disekitar lokasi pembangkit. Ia berharap agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Peranan mangrove sendiri bagi daerah pinggir sungai dan laut sudah diakui dalam mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring alami, menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa, serta berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.(rel/dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini