SUMUT

NASIONAL

Pemkot Tanjungbalai Jalin MoU dengan PT NSESOLUSI Untuk Daur Ulang Sampah

Senin, 26 Agustus 2019 | 18.31 WIB
Kali Dibaca |


Tanjungbalai, metrokampung.com
Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai dan PT Nusantara Siana Eko Solusi (PT NSESOLUSI) menjalin kerjasama terkait upaya proses daur ulang sampah dan penanganan sampah serta pemberdayaan masyarakat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Tanjungbalai. Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman/MoU oleh Wali Kota H.M Syahrial dengan Direktur Utama PT. NSESOLUSI, Eva Hajri di Aula Balai Kota Tanjungbalai, Senin, (26/8).

Kerjasama Pemkot Tanjungbalai dengan PT. NSESOLUSI dalam pengelolaan sampah tersebut juga melibatkan Gradient Technologies SDN yang nantinya akan membantu Pemkot Tanjungbalai dalam mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis.

Wali Kota H.M Syahrial dalam kesempatan itu mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan dan perhatian dari PT. NSESOLUSI dan Gradient Technologies SDN yang telah memberikan perhatian datang ke Kota Tanjungbalai dalam membantu dan memberikan solusi terkait penanganan pengolahan sampah yang ada di tempat pemprosesan akhir.

TANDA TANGANI: Wali Kota H.M Syahrial menandatangani nota kesepahaman/MoU dengan Direktur Utama PT. NSESOLUSI, Eva Hajri terkait upaya proses daur ulang dan penanganan sampah serta pemberdayaan masyarakat, Senin (26/8), di Aula Balai Kota Tanjungbalai.

Syahrial juga mengaku bahwa hal itu menjadi langkah awal yang baik bagi Kota Tanjungbalai untuk menanggulangi masalah sampah lewat proses daur ulang. Karena menurutnya, nantinya pengelolaan sampah menggunakan teknologi tersebut diharapkan dapat memberi dampak yang signifikan bagi masalah penanganan sampah dan kebersihan Kota Tanjungbalai. Dengan demikian, sampah yang selama ini dianggap tidak bermanfaat bisa menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis

‘’Alhamdulillah, hari ini kita dapat melakukan penandatangan nota kesepahaman. Upaya ini menjadi awal baik bagi kita untuk sama-sama mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kota Tanjungbalai. Kami berharap, sinergitas yang terjalin hari ini memberi dampak yang luar biasa sehingga persoalan sampah Kota Tanjungbalai menjadi sesuatu yang bermanfaat,’’ kata H.M Syahrial.

Selanjutnya Wali Kota mengungkapkan, proses daur ulang sampah akan dimulai dalam waktu dekat dengan menggunakan peralatan teknologi yang langsung difasilitasi oleh Gradient Technologies SDN, BHD. Nantinya, proses daur ulang akan dilakukan langsung di TPA Tanjungbalai. Sebab, alat tersebut akan dapat memilah langsung sampah baik yang berbahan organik maupun anorganik.

"Dalam kesempatan ini saya tegaskan, Kota Tanjungbalai siap menjadi pilot project penanganan pemerosesan daur ulang sampah di Sumut. Kita mau Kota Tanjungbalai menjadi daerah yang bersih, sehat dan terbaik dalam persoalan penanganan sampah," ucap H.M Syahrial.

Oleh karenanya, sambung Wali Kota, melalui kerjasama tersebut diharapkan sampah yang ada di TPA Kota Tanjungbalai dapat dikelola dengan tekhnologi mutakhir sehingga menghasilkan output yang nantinya dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

‘’Upaya ini kita ambil agar sampah yang dikelola dapat bermanfaat dan tidak menimbun seperti gunung. Misalnya seperti sampah organik akan dikelola menjadi kompos serta bahan anorganik seperti plastik nantinya diolah menjadi energi terbarukan dan ramah lingkungan. Oleh karena itu kami berharap langkah ini dapat didukung penuh oleh masyarakat,’’ harapnya.

Sebelumnya Pemkot Tanjungbalai juga telah melakukan kerjasama dalam pengolahan sampah menjadi pupuk kompos, walaupun seiring jalannya proses tersebut akhirnya tidak dapat berlanjut namun keinginan tersebut akan terus saya upayakan sehingga permasalahan dan pemanfaatan sampah menjadi bahan yang bermanfaat dan bernilai ekonomis dapat tercapai, sebut Wali Kota lagi

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota dengan tegas meminta seluruh OPD dilingkungan Pemkot Tanjungbalai untuk tidak tinggal diam dan terus berusaha mencari peluang bisnis dengan mendatangkan para investor yang ingin berinvestasi di Kota Tanjungbalai.

"Mari kita bersama sama bekerja dan membangun kota ini menjadi daerah yang sehat dan baik dalam berinvestasi. Melalui peluang kerjasama ini juga akan menjadi harapan kita bersama, nantinya akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Tanjungbalai," tutup Wali Kota

Sementara itu, Muhammad Yani BAS selaku Principal Technology Consultant Gradient Technologies (Perwakilan Perusahaan Perwakilan Asia) mengatakan, pihaknya siap membantu Pemkot Tanjungbalai dalam menanggulangi masalah sampah lewat proses daur ulang. Sebab, dikatakannya, permasalahan sampah bukan hanya menjadi permasalahan klasik yang dihadapi Kota Tanjungbalai tapi juga kota-kota lainnya di Indonesia bahkan dunia. Namun, hal itu dapat ditanggulangi lewat tekhnologi yang dimiliki.

‘’Kesepakatan ini menjadi komitmen bagi kita untuk dapat bersama-sama menanggulangi masalah sampah di Tanjungbalai. Semoga kontribusi yang kami berikan ini dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi kebersihan kota ini kedepannya lewat proses daur ulang sampah sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat khususnya bagi masyarakat,’’ pungkasnya.

Disebutkannya bahwa sebelumnya pihaknya juga telah melakukan MoU dengan kota lain, seperti Medan, Dumai dan Tanjung Pinang. "Sesuai permintaan Wali Kota tadi, kita siap menjadikan Kota Tanjungbalai sebagai Pilot Project pemanfaatan sampah dan proses daur ulang sampah di TPA," tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Pemerintah Nurmalini Marpaung, para Kepala OPD dilingkungan Pemkot Tanjungbalai serta jajaran dari PT. NSESOLUSI. (RS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru