SUMUT

NASIONAL

Bupati Dairi Hadiri Sosialisasi Sistem Statistik Nasional Menuju Satu Data Indonesia

Selasa, 24 September 2019 | 21.58 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dairi mengadakan sosialisasi sistem statistik nasional (SSN) menuju satu data Indonesia pada Selasa (24/9/2019) di Gedung Bale Karina Sidikalang. Sosialisasi tersebut di hadiri langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Kepala BPS Kabupaten Dairi Asi Matanari, Staf Ahli dan Pimpinan OPD Kabupaten Dairi serta Perbankan.

Kepala BPS Kabupaten Dairi dalam sambutannya mengatakan hari statistik nasional di peringati setiap tanggal 26 september pada setiap tahunnya di seluruh insan BPS di Indonesia. Peringatan hari statistik nasional untuk tahun 2019 ini digunakan sebagai momentum untuk mensosialisasikan kegiatan BPS di tahun depan, yakni sensus penduduk 2020. Kegiatan sensus penduduk 2020 diantaranya adalah sensus penduduk mandiri (online) yang dilaksanakan mulai bulan Februari – Maret 2020 dan pencacahan lapangan bagi penduduk yang tidak melaksanakan sensus online pada bulan Juli 2020. Ia katakan ada beberapa perubahan mendasar yang dilakukan BPS pada sensus penduduk 2020, yakni akan menggunakan metode kombinasi data administrasi kependudukan dari dinas kependukan dan catatan sipil akan digunakan sebagai basis data dasar untuk menciptakan satu data kependudukan Indonesia.

"Satu data indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, terbaru dan dapat diterapkan,” ujarnya.

Bupati Dairi dalam sambutannya mengatakan hari statistik nasional bukan hanya milik Badan Pusat Statistik, namun milik seluruh masyarakat yang turut terlibat dalam pengupayaan terwujudnya data yang berkualitas. Beliau mengatakan semangat gotong royong kebersamaan perlu untuk mendukung kegiatan statistik sehingga data statistik pembangunan yang benar, akurat, tepat waktu dan dapat dicapai yang pada akhirnya akan menunjang perencanaan dan evaluasi pembangunan nasional dan daerah khususnya di Kabupaten Dairi sesua dengan tema hari statistik nasional menuju Indonesia maju dengan SDM dan data yang berkualitas.

Beliau mengatakan bahwa saat ini bisnis terbesar di dunia adalah bisnis data dimana di Indonesia dana trilyunan dari investor telah masuk dalam bentuk start up (perusahaan teknologi).

“Grab baru saja di resmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Danau Toba. Grab tidak memiliki mobil dan supir, yang dimiliki Grab adalah aplikasi dan data. Jadi, jangan bermain-main dengan yang namanya data,” jelas Beliau. Saat ini Beliau katakan data sudah bisa di akses dimana-mana, namun jika tidak diatur dan dikelola dengan baik, maka data itu tidak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut Beliau meyampaikan beberapa pesan kepada para peserta yang hadir diantaranya mengajak untuk secara bersama meningkatkan sinergitas, koordinasi, kerjasama dan komunikasi guna menghasilkan data statistik yang berkualitas dan beragam.

Pesan selanjutnya Beliau ungkapkan perlunya peningkatan kualitas dan ragam data di masing-masing penyelenggara setiap OPD, instansi, lembaga perusahaan untuk mewujudkan tersedianya data statistik dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Dairi.


“Seperti kartu tani, Saya sangat harapkan data dari perbankan untuk melihat apakah RDKK yang telah dibuat selama ini real atau tidak,” ujar Beliau.

Beliau juga mengatakan bahwa data yang menjadi rujukan dalam pembangunan nasional dan daerah adalah data yang dihasilkan oleh satu lembaga, yakni Badan Pusat Statistik yang di dukung dengan data sektoral yang dihasilkan kementrian dan lembaga dan OPD.

“Statistik untuk bangsa, marilah bangkit Indonesia, BPS terpercaya khususnya dalam data,” pungkas Beliau dalam sambutannya.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, BPS Kabupaten Dairi mengadakan door prize kepada peserta yang hadir dengan mengadakan kuis berhadiah. Selain itu juga, para peserta bersama dengan BPS Kabupaten Dairi mengadakan flashmob senam sensus penduduk 2020 di akhir acara kegiatan.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru