SUMUT

NASIONAL

Antisipasi Kecelakaan Perairan, Sat Pol Air Polres Sergai Minta Kapal Dilengkapi Peralatan Keselamatan

Selasa, 04 Februari 2020 | 22.01 WIB
Kali Dibaca |


Sergai - Metrokampung.com
Untuk mengantisipasi kecelakaan perairan yang diakibatkan fenomena cuaca buruk, Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) melalui
Kasat Pol Air AKP. Chandra T Situmorang minta kapal sebelum berangkat terlebih dahulu melengkapi peralatan keselamatan.

Permintaan tersebut disampaikan Kasat Pol Air AKP. Chandra T Situmorang pada saat pengecekan dan pengawasan kapal ikan maupun kapal penumpang yang akan berangkat di pelabuhan dan TPI Tanjung Beringin, Selasa (04/02/2020).

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka menindak lanjut Surat Telegram Kapolda melalui Dir Pol Airud Polda Sumut dengan Nomor : ST/108/l/OPS.4.5/2020.

Dengan menurunkan 25 personil, Kasat terlebih dahulu berkoordinasi dengan Syahbandar Tanjung Beringin Yori dalam hal pengawasan terhadap kapal kapal penumpang yang akan berlayar yang disesuaikan dengan daftar cek list keselamatan berlayar.

Kemudian personil Sat Pol Air Polres Sergai langsung melakukan pemeriksaan kapal penumpang dan kapal ikan sesuai daftar cek list kelengkapan kapal.

Dilanjutkan dengan pendataan terhadap pelabuhan dan rute berlayar kapal sebagai  pusat transportasi masyarakat nelayan Serdang Bedagai.

Setelah melakukan pemeriksaan Kasat Pol Air memberi penyuluhan dan himbauan kepada para pengusaha kapal maupun nahkoda kapal penyeberangan agar melengkapi alat keselamatan saat berlayar seperti life jaket dan life bouy sesuai aturan.

Selain itu pengusaha kapal diminta  menempelkan maklumat Kapolda di masing masing kapal tentang keselamatan saat berlayar.

"Bagi kapal yang belum melengkapi alat keselamatan agar segera melengkapinya dan meletakkan di tempat yang mudah di jangkau", himbau Kasat Pol Air.

Pengecekan mesin kapal dan kondisi kapal apakah sudah siap untuk melaut serta mengecek kesehatan  sebelum berangkat diingatkan Kasat Pol Air Polres Sergai agar benar benar dijalankan.

Kasat Pol Air AKP. Chandra T Situmorang mengatakan penyuluhan dan himbauan bertujuan memberikan pemahaman pengetahuan kepada masyarakat bahwa begitu pentingnya melengkapi alat keselamatan berlayar guna menjaga diri di saat cuaca buruk.

"Kita mengarahkan masyarakat agar lebih patuh dan taat dalam aturan saat berlayar seperti melengkapi dokumen kapal, membuat nama kapal serta melengkapi alat keselamatan", terangnya.

Selanjutnya AKP Chandra mengingatkan pengusaha kapal dan nahkoda kapal penumpang agar tidak membawa muatan melebihi kapasitas kapal yang dapat membahayakan keselamatan saat berlayar. 

"Petugas dan masyarakat harus  bersama sama menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dalam menjaga situasi perairan khususnya perairan Serdang Bedagai agar aman dan kondusif", sambung Situmorang.

Menyinggung  pengawasan yang dilakukan pihaknya, Kasat Pol Air menyampaikan  masih ada ditemukan beberapa kapal yang belum melengkapi alat keselamatan dikapalnya.(ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru