SUMUT

NASIONAL

Merebaknya Corona Virus Disea Covid -19 di Belahan Dunia: Akhirnya Kabupaten Toba Lakukan Siaga Corona Covid-19

Kamis, 19 Maret 2020 | 12.52 WIB
Kali Dibaca |


Toba, metrokampung. com
Toba berstatus siaga darurat virus corona COVID-19. Terkait hal ini, Sekda Kabupaten Toba, Audymurfhi Sitorus, memastikan upaya preventif yang dilakukan jajaran Pemkab Toba.

Salah satu upaya dilakukan dengan meninjau sejumlah kantor pelayanan, baik tingkat dinas hingga kecamatan untuk mengecek langsung ketersediaan hand sanitizer.

Sebelumnya diinstruksikan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Toba menyediakan hand sanitizer atau sarana cuci tangan di kantornya masing-masing.

Dalam konfrensi Persnya "seluruh kantor pelayanan telah menyediakan hand sanitizer dan sarana cuci tangan. Langkah ini kita lakukan sebagai upaya bersama mencegah penyebaran virus corona," kata Murfhy, rabu (19/3/2020)


Disebutkan, animo dan antusias masyarakat dalam mengurus keperluan di kantor-kantor pelayanan tidak berkurang. Aktivitas tetap berjalan normal, masyarakat tidak panik, namun tetap waspada.

"Seluruh aparatur tetaplah melayani masyarakat. Kondisi normal dan tenang seperti ini harus kita jaga. Kita juga berdoa bersama semoga Toba bisa terhindar dari virus corona," harapnya.

Murfhy menyampaikan, penetapan status ini ketika memimpin rapat koordinasi dalam rangka upaya pencegahan dini dan penularan serta minimalisir penyebaran COVID-19 di Kabupaten Toba digelar di Balai Data Pemkab Toba. 

Penetapan status siaga darurat didapat berdasarakan hasil rapat koordinasi yang dilakukan Murfhy bersama seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Toba dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam kesepakatan itu,  Forkopimda toba simpulkan tujuh poin antisipasi penyebaran Covid-19 yang dipimpin langsung Kepala Gugus Tugas 'dr. Pontas Batubara' antara lain:,

1.Posko utama sementara penanganan Corona Virus Diseace,  Kantor Dinas Kesehatan Toba,  RSUD Porsea, RSU HKBP Balige., Posko pembantu adalah seluruh fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah di Kabupaten Toba tambah pos Lalulintas di Terminal Porsea.

2.Dibentuk gugus tugasuntuk penanganan seluruh masalah yang berhubungan dengan Corona Virus Disease yang diketahui oleh kepala BPBD Kabupaten Toba.

3.Seluruh siswa PAUD/SD/SMP belajar dirumah sejak 20 maret sampai dengan 3 april 2020.

4.Seluruh tempat hiburan ,permainan dan tempat keramaian lainya disarankan penutupan mulai 20 maret sampai dengan 3 april 2020.

5.Pengaturan lebih lanjut untuk tempat ibadah diatur sendiri oleh pimpinan tempat ibadah.

6.Fasilitas kerja Pemerintah tetap berfungsi sebagaimana adanya.

7.Informasi tentang keberadaan dan perkembangan masalahCorona Virus Diseace diterima dari Pemerintah dan /atau gugus tugas. (e/mk)


Aroma  Corona Virus Disea Covid -19 di Belahan Dunia: Kabupaten Toba Tidak Tinggal Lakukan Siaga Corona Covid-19.

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru