SUMUT

NASIONAL

PABRIK VULKANISIR BAN PT PERSAHABATAN TERBAKAR, KERUGIAN MILIARAN RUPIAH

Kamis, 12 Maret 2020 | 12.27 WIB
Kali Dibaca |

Kebakaran di pabrik vulkanisir ban PT Persahabatan di Jalan Pelita 4/blok C12-14 di Kawasan Industri Medan (KIM) Star, Deli Serdang.

Tanjung Morawa-metrokampung.com
Kebakaran hebat terjadi pada pabrik vulkanisir ban milik PT Persahabatan di Jalan Pelita 4/Blok C 12-14 di Kawasan Industri Medan (KIM) Star, Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (12/3/2020) subuh, mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian miliaran rupiah.

Informasi yang diperoleh, api mulai terlihat membumbung dari pabrik pengolahan ban itu sekitar pukul 03.15 WIB dinihari. Minimnya peralatan membuat kobaran api menghanguskan seluruh isi bangunan pabrik.

Saksi mata yang melihat kejadian itu yakni seorang sekuriti KIM Star bermarga Tarigan mengatakan, ia baru mendapat kabar tentang peristiwa itu oleh anggotanya yang tengah patroli rutin di area komplek bisnis itu.



“Sekirar pukul 03.30 WIB saya dapat kabar,  kemudian langsung saya hubungi pihak pemadam kebakaran (damkar) Pemkab Deliserdang,”kata Tarigan.

Ia sendiri masih enggan berspekulasi apa yang menjadi penyebab kebakaran gudang tempat pengolahan ban bekas itu. “Cuma, informasi dari sekuriti pabrik, api berawal dari percikan api salah satu kabel listrik yang mengenai debu parutan ban,” sebutnya

Sementara, untuk menjinakkan api, 10 unit armada Damkar gabungan dari Pemkab Deliserdang dan Pemko Medan dikerahkan ke lokasi kejadian.

Setelah berjibaku sekitar 4 jam lebih atau persisnya sekitar pukul 08.30 WIB pagi tadi, api akhirnya berhasil dikendalikan. Meski demikian, nyaris tak ada barang didalam gudang yang bisa diselamatkan. Semuanya sudah hangus.

Terkait kebakaran itu, para karyawan pun mengaku sangat sedih, salah seorang karyawan yang namanya tidak ingin ditulis, mengaku sudah 2 tahun bekerja di pabrik itu. Begitu tiba di pabrik ia sempat terkejut karena tempat bekerjanya sudah hangus terbakar.

“Jadi gak bisa bekerja lagi karena kebakaran ini. Ada ratusan orang juga karyawan di pabrik ini. Sudah pasti hilang mata pencaharian kami bang, mau kerja dimana lagi kalau kek gini, mana lebaran sudah dekat. Sementara pencarian kami cuma di pabrik ini,” ucapnya sedih.

Sementara, kasus ini sudah ditangani pihak Polsek Tanjungmorawa. (Bobby Lusaka Purba/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru