SUMUT

NASIONAL

Pemkab Labuhanbatu Gelar Seminar Hasil Penyusunan Rencana Induk Kelitbangan

Senin, 16 Maret 2020 | 15.26 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam hal ini Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) gelar seminar hasil penyusunan rencana induk (RINDUK) Kelitbangan yang berlangsung di ruang data dan karya kantor Bupati, Senin (16/3/2020).

RINDUK di pandang perlu guna meningkatkan sinergitas perencanaan dan pelaksanaan kelitbangan, yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Labuhanbatu, bertujuan untuk mengindikasi kebijakan dalam pengembangan Kabupaten Labuhanbatu.

Kemudian juga, guna merumuskan kegiatan kelitbangan bersifat lintas sektoral yang dapat menunjang pembangunan berkelanjutan dan peningkatan daya saing daerah, serta memperkuat kelembagaan dan tata kelola kelitbangan.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh penguatan kelembagaan, penguatan sumber daya manusia (SDM), penguatan program dan anggaran, dalam kerangka pemikiran penyusunan rancangan, pengumpulan data dan informasi, perumusan rancangan,harmonisasi rancangan, dan penetapan rancangan

Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT, diwakili Sekda Ahmad Muflih SH, MM mengatakan, diharapkan para peserta memahami seminar ini dan dapat menerapkannya sesuai tupoksi masing-masing agar bisa memberikan manfaat sinkronisasi kegiatan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. 

"Pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Labuhanbatu merupakan interpendensi dari beberapa faktor yang mampu menopang pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia, ada berapa sistem yang memberi hasil ini termasuk infrastruktur, ekonomi politik dan sosial," jelas Muflih.

Menurut Sekda, penyusunan rencana induk kelitbangan dilakukan untuk meningkatkan sinergitas kegiatan keseimbangan antara pemerintah pusat Provinsi dan Kabupaten sehingga pada akhirnya akan menghasilkan kegiatan keseimbangan yang efektif dan efisien dalam memanfaatkan anggaran belanja negara atau daerah.

"Saya berharap RINDUK kelitbangan ini dapat menjadi arah pelaksanaan program kelitbangan Pemkab Labuhanbatu dan dapat memberi masukan dalam penyusunan dokumen perencanaan jangka menengah sehingga mampu mengakomodir kebutuhan program kelitbangan dalam lingkup pemerintahan" ungkap Sekda.

Sementara itu, Kaban Litbang Labuhanbatu Zuhri SE, MSi menyebutkan, kondisi eksisting Kabupaten Labuhanbatu merupakan gambaran capaian pembangunan yang telah dilaksanakan sebelumnya, serta pembahasan permasalahan yang masih terjadi untuk kemudian dianalisis dan dirumuskan sebagai RINDUK kelitbangan Labuhanbatu 2020-2024.

Selanjutnya, kegiatan ini diharapkan menjadi arah pelaksanaan program kali pangan Pemkab Labuhanbatu dan memberikan masukan dalam penyusunan dokumen rencana jangka menengah (RPJMD), sehingga mampu mengakomodir kebutuhan program Litbang dalam lingkungan pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu.(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru