SUMUT

NASIONAL

Pemilihan Anggota BPD Beringin Memanas

Selasa, 21 April 2020 | 21.24 WIB
Kali Dibaca |

Pantia melakukan penghitungan suara pada pemilihan anggota BPD Desa Beringin.

Beringin, metrokampung.com
Pemilihan calon anggota Bàdan Perwakilan Desa (BPD) Desa Beringin,Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang berlangsung alot,Selasa (21/4/2020).

Pasalnya,setelah dilakukan penghitungan suara dari 17 calon yang  memperebutkan 9 "kursi" BPD,ada 3 kandidat yang sama-sama mengantongi 13 suara yakni Amsari ( mantan ketua BPD), Sugiarto (mantan anggota BPD) dan Tony Surahman. Sedangkan 7 calon lainnya sudah dalam posisi aman karena memperoleh diatas 13 suara.

Untuk mencari 2 orang lagi yang bisa menjadi anggota BPD,pihak panitia terpaksa menggelar pemilihan ulang terhadap ketiganya dimana pemilih terdiri dari perangkat desa, kepala dusun dan seluruh calon BPD.

Setelah dilakukan pemilihan ulang akhirnya Tony Surahman memperoleh 19 suara, Amsari 12 suara dan Sugiarto 9 suara.

"Kan tadi sudah dilakukan penghitungan suara dan perengkingan,teryata ada 3 orang calon yang sama-sama memperoleh 13 suara. Jadi harus  dilakukan pemilihan ulang terhadap ketiganya untuk mencari 2 orang lagi yang berhak menjadi anggota BPD ," kata Ketua Panitia Pemilihan Anggota BPD Desa Beringin,Musdi kepada Mistar disela perengkingan suara.

Dijelaskan Musdi,setelah dilakukan pemilihan ulang, akhirnya Toni Surahman dan Amsari terpilih menjadi anggota BPD dengan perolehan suara masing-masing 19 dan 12 suara.

Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 174 orang perwakilan 8 dusun dan perangkat desa. Dari 17 calon, ada 3 orang calon perempuan untuk mengisi satu kursi perwakilan perempuan.

Guna mewaspadai Civid-19,tambah Musdi, pemilih dari masing-masing dusun diatur sesuai jam dan harus menggunakan masker. Tujuannya agar jumlah pemilih yang hadir tidak berdesak-desakan.Selain itu, pihak panitia juga menyiapkan handsanitizer dimana setiap pemilih yang masuk tangannya wajib disemprot handsanitezer.

Kata Musdi dalam pemilihan anggota BPD, suara perempuan boleh memilih calon laki-laki dan perempuan. Sedangkan suara laki-laki hanya untuk calon BPD laki-laki.

"Artinya, DPT perempuan memiliki dua hak suara yakni memiliki calon laki-laki dan perempuan ," papar Musdi didampingi Wakil Ketua, Suryadi dan Sekretaris Agus Setiawan.

Ketika ditanya kapan pelantikan anggota BPD, Musdi menyebutkan pelaksanaanya di Juni 2020. Karena masa periode BPD lama berakhir Juni.

Kepala Desa Beringin, Aldiriansyah mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sejak 6 bulan lalu hingga selesai pemilihan.Terimakasih juga sampaikan kepada pihak Bhabinkantibmas, Babinsa dan seluruh elemen masyarakat karena pemilihan anggota BPD daerah itu berjalan aman dan tertib.

"Alhamdulillah, pemilihan anggota BPD kita hari ini berjalan lancar.Untuk itu,saya ucapkan selamat kepada anggota BPD yang terpilih ," papar Aldiriansyah.

Anggota BPD yang terpilih, Sudarsono memperoleh 21 suara, Susilo 21 suara, Elman Siswanto 17 suara, Surian 15 suara, Suhardi 15 suara, Abdul Munir 14 suara,dan perempuan yakni Susiani memperoleh 16 suar. Kemudian disusul Tony Surahman dan Amsari.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru