SUMUT

NASIONAL

RSUD Tanjungbalai Surati Apotik Untuk Minta Bantuan APD

Selasa, 05 Mei 2020 | 19.14 WIB
Kali Dibaca |

Surat permohonan bantuan APD dari RSUD dr. Tengku Mansyur Tanjungbalai kepada pemilik Apotik di Tanjungbalai tertanggal 4 Mei 2020. (Foto Mk/dok)

Tanjungbalai, Metrokampung.com
Pihak RSUD dr. Tengku Mansyur Tanjungbalai menyurati beberapa Apotik yang ada di wilayah Tanjungbalai untuk meminta bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dalam penanganan wabah Covid-19. Surat itu dikeluarkan oleh Direktur RSUD Dr. Hendarmin P dengan nomor: 002/2612/RSUD tertanggal 4 Mei 2020.

Dalam isi suratnya menyebutkan bahwa pihak RSUD memohon bantuan secara sukarela dari pemilik Apotik, bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk APD dan Rapid Test yang kegunaannya untuk membantu kurangnya ketersediaan APD dalam penanganan virus Covid-19 di rumah sakit tersebut.

Menanggapi hal itu, pemilik Apotik Sudirman, Hakim Tjoa Kien Lie, kepada Metro Kampung Selasa (5/5/2020) mengatakan bahwa pihaknya akan membantu memberikan APD ke RSUD Tanjungbalai. "Sesuai surat yang kami terima, berarti APD di RSUD Tanjungbalai kurang, maka akan kami bantu APD sebisanya. Kita rencanakan untuk memberikan dua kotak sarung tangan, " ucapnya.

Namun menurutnya, sebaiknya Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai harus lebih peka terhadap persoalan kekurangan APD di rumah sakit tersebut. Karena para medis rumah sakit saat ini sangat membutuhkan APD dalam menangani persoalan Covid-19.

"Jika RSUD Tanjungbalai mau minta bantuan dari Apotik, tidak perlu pakai surat seperti ini. Biar lebih elegan, dinas kesehatan yang memanggil para Apoteker di setiap apotik. Terus disampaikan apa yang perlu dilakukan atau dibantu. Mereka ada asosiasi apoteker, kan lebih gampang, " kata Hakim.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Tengku Mansyur Tanjungbalai, Dr. Hendarmin P, kepada hariansib.com mengatakan bahwa surat permohonan bantuan APD itu yang dilayangkan ke beberapa apotik itu hanya untuk mengantisipasi bilamana RSUD Tanjungbalai kekurangan APD.

"Surat itu hanya untuk meminta partisipasi dari beberapa apotik, tujuannya sebagai astisipatif saja. Karena kita tidak bisa prediksi kebutuhan APD ini. Tapi kalau itu jadi masalah, surat itu akan kita tarik pun gak apa apa, "ucapnya. (ES/Mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru