SUMUT

NASIONAL

Cair, Honor Bilal Mayit dan Penggali Kubur Untuk 3 Bulan Rp 1,5 Miliar

Jumat, 19 Juni 2020 | 19.47 WIB
Kali Dibaca |

Kabag PMTL Pemkab Deli Serdang, Ahmad Turmuzi.
Lb Pakam, metrokampung.com
Pemkab Deliserdang mulai mencairkan honor bilal mayit dan penggali kubur untuk triwulan kedua (Maret, April dan Juni) sebesar Rp 1,58 Miliar.

Sedangkan jumlah bilal mayit dan penggali kubur sebanyak 3.533 orang terdiri dari bilal jenajah laki-laki sebanyak 999 orang, bilal jenazah perempan 925 orang dan penggali kubur  1.924 orang. Setiap orangnya mendapat Rp 450 ribu.

"Jumlah bilal jenazah dan penggali kubur kita ada 3.533 orang berada di 22 kecamatan.Yang sudah kita salurkan sudah 13 kecamatan untuk 1.574 orang, sedangkan 9 kecamatan lagi yakni Kecamatan Tanjung Morawa, Sunggal, Hamparan Perak, Labuhan Deli, Patumbak, Deli Tua, Namorambe, Kutalimbaru dan Biru-Biru akan kita tuntaskan Senin hingga Selasa depan," kata Kabag Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas (PMTL) Pemkab Deliserdang, Ahmad Turmuzi, Jumat (19/6/2020) siang.

Dijelaskan mantan Camat Galang ini, saat pandemi Covid-19 maka penyaluran honor bilal jenazah dan penggali kubur  diserahkan kepada kecamatan masing-masing. Selanjutnya pihak kecamatan menyerahkan kepada penerima melalui kepala desa. Tujuannya guna menghindari penumpukan orang yang lebih besar.

Lanjut Turmuzi, sebelum pandemi Covid-19, pihaknya menyerahkan langsung kepada para bilal dan penggali kubur. Tapi karena situasi yang tak memungkinkan dan mengikuti protokol kesehatan, maka honornya diserahkan kepada kecamatan.

"Pecepatan pencairan honor para bilal jenazah dan penggali kubur ini atas instruksi Bapak Bupati Deliserdang. Sehingga dapat meringankan mereka (bilal dan penggali kubur). Apalagi dimasa pendemi Covid-19 ini. Makanya, meski triwulan kedua masih berjalan, honornya cepat kita cairkan," tandas Turmuzi. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru