SUMUT

NASIONAL

Lahir dan Berkarir di Pakpak Bharat,Sonni Berutu : Pakpak Bharat Adalah Benteng Terakhir

Selasa, 30 Juni 2020 | 12.22 WIB
Kali Dibaca |


Pakpak Bharat, metrokampung.com
Profil Nama : Sonni P Berutu, STh
Tempat tanggal lahir, 06 Nopember 1975
SD 030414 N 1 Kecupak
SMP N 1 Salak SMA N 10 Medan
Alamater: STT HKBP Siantar
Karir Politik 2004-2009
Anggota DPRD Periode 1 2009-2014
Anggota DPRD Periode 2 2014-2019
Ketua DPRD Pakpak Bharat (Demokrat) 2019-2024 Ketua DPRD Pakpak Bharat (Demokrat).


Tak Terasa, Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Pakpak Bharat sudah semakin dekat. 9 Desember akan dilangsungkan pemilihan untuk memilih kepala daerahn memimpin Pakpak Bharat 5 tahun ke depan,Pemilukada kali ini akan menjadi momen penting melahirkan pemimpin hebat yang lahir, besar, berusaha di Pakpak Bharat. Kemudian, pemimpin lahir dari keluarga sederhana dan tak punya harta yang berlimpahNamun lagi-lagi tergantung masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya. Sebab sosok yang berasal dari keluarga sederhana dan sosok putra lokal yang bisa membawa Pakpak Bharat lebih baik adalah figur seperti Sonni P Berutu, Sth.

Sebenarnya, Sonni Berutu bukan sosok baru i dunia perpolitikan Pakpak Bharat.

Sejak Pakpak Bharat berdiri, Ia telah  menjabat sebagai anggota dewan. Pada periode pertama, ia sempat menjabat sebagai wakil ketua DPRD Pakpak Bharat. Di tahun berikutnya, Sonni dipercaya menjadi ketua DPRD dari partai Demokrat dua kali berturut-turut. 16 tahun amanah diembannya sebagai wakil rakyat menjadikannya cukup mengenal situasi perpolitikan Pakpak Bharat.

Meski demikian jabatan yang diembannya dilakukan sebagai kontrol sosial bagi pemerintah. Tidak jarang, meski dirinya pro pemerintah namun bukan berarti dirinya tidak memberikan kritikan kepada pemerintah.

Tak hanya dibidang politik, dibidang kebudayaan, Sonni juga ikut terlibat. Sonni harus sebagai pegiat budaya. 4 kali sudah, Sonni menciptakan album-album lagu Pakpak. Hingga kini masih bisa dinikmati.

Benteng Terakhir
Dalam berbagai kesempatan, Sonni berulang kali mengatakan Pakpak Bharat adalah benteng terakhir suku Pakpak. Sonni mengatakan Pakpak Bharat jangan sampai hilang. Sonni bersama anggota dewan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2016 tentang Pelestarian dan Pengembangan Budaya Pakpak pada 11 Juli 2016. Tujuannya, untuk menjaga, memayungi dan membentengi semua kearifan lokal, adat istiadat dan budaya suku Pakpak.

Mencermati dari banyaknya sumbangsih pemikiran Sonni untuk Pakpak Bharat menjadikannya layak memimpin kabupaten ini lima tahun ke depan. Modalnya sudah cukup. Namun lagi-lagi tergantung pada pilihan masyarakat. Jika setuju, warga Pakpak Bharat jangan salah pilih lagi. Ayo berbenah, berbenah dan bangkit.(vk/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru