SUMUT

NASIONAL

Satu Warganya Positif Covid-19 Komplek BSP Disemprot Disinfektan

Senin, 08 Juni 2020 | 20.54 WIB
Kali Dibaca |

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga.
Lb Pakam, metrokampung.com
Pasca salah seorang warganya dinyatakan positif covid-19 dan telah dibawa ke RS GL Tobing PTPN2 Tanjung Morawa, pihak Pemerintah Desa Pasar Melintang, Kecamatan Lubukpakam melakukan penyemprotan disinfektan di Komplek Perumahan BSP Lubukpakam, Senin (8/6/2020).

"Untuk wilayah yang sudah ada yang positif Covid-19 maka wajib dilakukan disinfeksi karena untuk mencegah penyebaran lebih luas. Sementara bagi wilayah yang belum terdapat suspek juga disarankan dilakukan disinfeksi itu,"jelas David Sagala, Kades Pasar Melintang kepada wartawan, Senin (8/6/2020).

Kades Pasar Melintang, David Sagala (pakai topi) bersama perangkat desa dan Kapus Pagar Jati, dr Ruriko Tobing (paling kanan).
Sambung kades, disinfeksi merupakan suatu pencegahan dari berbagai jenis organisme berbahaya, baik virus dan bakteri maupun jamur, yang bisa menyebabkan penularan penyakit. Penyemprotan disinfektan untuk mencegah semua hal itu, ujarnya.

 “Agar baik rumah maupun tempat-tempat seperti masjid juga kita lakukan dalam rangka pencegahan. Takutnya dalam lokasi tersebut sudah ada virus yang menempel ataupun sudah terbawa melalui diri kita sendiri atau penghuni rumah atau jamaah, makanya kita lakukan pencegahan dengan memutus mata rantai sehingga tidak ada lagi yang terpapar oleh virus ini,” kata Sagala.

 Terpisah raut wajah sejumlah emak-emak warga BSP begitu bahagia setelah mendengar adanya penyemprotan disinfektan di lingkungan rumahnya setelah salah seorang tetangga mereka dinyatakan positif covid-19. Rasa khawatir begitu menyelimuti hati para emak-emak.

Meski belum mengetahui apakah penyemprotan disinfektan ini akan efektif atau tidak untuk mencegah perebakan virus corona, namun menurut warga, hal ini bisa menjadi salah satu cara selain menjalankan pola hidup sehat dan bersih, serta menjaga jarak atau social distancing ketika berada di tempat umum.

“Perasaannya sangat sedih ya mendengar tetangga kita ada yang positif corona. Rasa khawatir pasti ada tetapi kita harus tetap ikhtiar dan tawakal serta menjalankan pola hidup sehat dan bersih untuk diri sendiri dan keluarga juga mengikuti anjuran pemerintah social distancing,” ungkap Hendra Sembiring, Ketua BKM Al Hidayah Komplek BSP.
 Sumihar Sibarani telah dibawa ke rumah sakit oleh tim kesehatan berseragam APD (alat pelindung diri), Minggu (7/6/2020) sebelum Magrib mengunakan ambulan.

 Sebelumnya ayah 4 anak yang berstatus sebagai ASN Dinas Kesehatan Deliserdang tersebut telah melakukan isolasi mandiri di rumahnya Jalan Manggis Raya Komplek BSP. Namun warga di sana keberatan dan mengancam akan memblokir jalan menuju rumahnya, sehingga pria yang beristrikan bidan tersebut dibawa ke rumah sakit.

"Hasil swab terhadap anak dan istrinya akan turun 3 hari kedepan. Mudah-mudahan hasilnya negatif. Kita harus rajin mensupport penderita positif covid-19 agar cepat sembuh,"bilang Kades David Sagala.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru