SUMUT

NASIONAL

Tokoh Masyarakat, Takdir Efendi Ujung : Bupati Dairi Harus Memilih Pejabat yang Memiliki Kreativitas dan Inovative Yang Tinggi

Selasa, 30 Juni 2020 | 15.06 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Setiap kepala daerah di negara ini tentunya akan lebih mengedepankan analisis dalam merekrut pejabat dalam posisi Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD), tentunya untuk menyeimbangkan visi dan misi serta program-program pembangunan yang akan dilaksanakan kedepan dimasa kepemimpinannya.

Analisis jabatan ini merupakan fungsi penting dalam manajemen sumber daya manusia untuk menempatkan orang pada posisi yang tepat pada suatu organisasi pemerintahan seperti pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan, tanggung jawab tugas, kualifikasi pendidikan dan pengalaman yang dibutuhkan serta karakteristik dan emosional.

Baru-baru ini pemerintah Kabupaten Dairi yang di pimpin oleh Bupati DR.Eddy Keleng Ate Berutu telah melaksanakan lelang jabatan tinggi pratama di 14 OPD dan kabarnya telah memasuki babak akhir yakni tiga besar nama calon pejabat telah diumumkan tentu selanjutnya akan menunggu rekomendasi dari komisi ASN untuk dilakukan pelantikan.


Beredarnya isu kmpor pejabat di tengah-tengah masyarakat pun menarik perhatian bagi para tokoh untuk berkomentar tidak lain dengan tujuan untuk kemajuan Kabupaten Dairi kedepan, salah satunya adalah tokoh masyarakat Dairi Takdir Efendi Ujung yang kewibawaan dan ketokohannya tidak asing lagi ditengah masyarakat. Hingga saat ini takdir Efendi Ujung masih mengapresiasi kebijakan dan program pembangunan yang dilakukan oleh Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu termasuk dalam penanggulan pandemi Covid 19 yang menggemparkan seluruh dunia mengingat saat ini Dairi masih termasuk zona aman tentunya ini bukan lah predikat yang mudah untuk dicapai oleh kepala daerah lain, menurutnya keberhasilan ini ialah berkat kerja keras serta skill dan expertise yang dimiliki Eddy Keleng Ate Berutu dalam memipin organisasi birokrasi saat ini.

Mengingat soal penjaringan calon Pejabat Eselon II di 14 Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD), Takdir Efendi Ujung juga menjelaskan bahwa saat ini Bupati  DR.Eddy Keleng Ate Berutu juga harus memiliki para pendamping pendamping yang setidaknya dapat mengikuti jejak serta skill dan idea yang dimilikinya demi terwujudnya kemajuan bagi Kabupaten Dairi menjadi lebih unggul dimasa kepemimpinannya.

Menanggapi isu pejabat impor, Takdir Ujung berkomentar bahwa hal itu adalah suatu kewajaran, mengingat bahwa saat ini prosedur lelang jabatan terjadi disetiap daerah di negara Indonesia ini.

"Bukan hanya di Dairi saja, di kabupaten mana pun jika dibutuhkan akan membuka lelang JPT, soal pejabat impor saya berasumsi positif saja lah, selagi niatnya baik dan bagus untuk kepentingan Dairi dan masyarakat khususnya, kita terima dengan baik, Eddy Berutu ini adalah sahabat saya, beliau ini pintar dan berwawasan luas saya yakin beliau pasti akan memilih orang orang yang menurutnya layak di posisi masing masing OPD dalam mendukung program Dairi yang lebih unggul kedepan," ujar Takdir Ujung.

Tokoh masyarakat ini juga menjelaskan bahwa saat ini Dairi membutuhkan pejabat yang memiliki kecakapan untuk dapat mematahkan pola untuk mengambil posisi bijaksana serta harus dapat mengartikulasikan strategi yang diberikan oleh pimpinan (Bupati) memiliki kreativitas dan inovative yang tinggi, mengingat ketertinggalan Kabupaten Dairi dari kabupaten-kabupaten yang baru berkembang, padahal menurutnya Dairi memiliki SDA yang sangat tinggi.

"Dari tahun sebelumnya Dairi ini sudah sangat jauh ketinggalan, kita berharap dibawah kepemimpinan Eddy Berutu Dairi akan lebih semakin maju, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi serta tetap saling menjaga kekondusifan," tambahnya.(Vich/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru