SUMUT

NASIONAL

Wali Kota Tanjungbalai Kunjungi Pelayanan KB Gratis Serentak di Puskesmas Datuk Bandar

Senin, 29 Juni 2020 | 21.26 WIB
Kali Dibaca |

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH didampingi Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Ernawaty hadir untuk menyukseskan pelayanan KB Serentak, Senin (29/6/2020).(Foto Mk/dok)
Tanjungbalai, Metrokampung.com
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana,  siap mensukseskan program pelayanan KB serentak (sejuta akseptor), dengan menggelar pelayanan KB serentak di seluruh Fasilitas Kesehatan Puskesmas se Kota Tanjungbalai dalam rangka  peringatan hari keluarga nasional (Harganas) ke XXVII tahun 2020 yang dilaksanakan hari ini 29 Juni 2020.

Untuk menyukseskan pelayanan tersebut, hari ini Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH didampingi Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Ernawaty, S.IP,MM dan Para OPD dilingkungan Dinas Kesehatan serta Perwakilan Kodim 0208/AS turun langsung dalam kegiatan pelayanan KB Gratis serentak di Kota Tanjungbalai tepatnya di Puskesmas Datuk Bandar.

“Saya sangat mendukung program BKKBN yang tentunya sejalan dengan program pemerintah provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan saat ini oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungbalai di seluruh Fasilitas Kesehatan Tanjungbalai, Ujar Wali Kota.



Pada kesempatan itu, Wali Kota H.M Syahrial juga mengajak masyarakat Kota Tanjungbalai untuk bersama-sama mendukung program pelayanan sejuta akseptor KB, dengan cara mendatangi tempat fasilitas kesehatan yang menjadi tempat pelayanan KB. Tentunya dengan tetap mengikuti standar kesehatan penanganan covid-19.

Kegiatan terlaksana atas kerjasama Pemkot Tanjungbalai melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungbalai bersama Kodim 0208/AS melalui program bhakti sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan Kota Tanjungbalai tahun 2020.

“Mari kita sukseskan pelayanan sejuta akseptor ini dengan mendatangi tempat pelayanan KB pada tanggal 29 Juni hingga pukul 15.00 Wib tentunya dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19. Gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan,” pungkas Wali Kota H.M Syahrial.

Sementara itu, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB mengatakan, untuk sementara target minimal pada pelayanan KB serentak tersebut yakni minimal 234 untuk 6 (Enam) kecamatan, dengan rincian IUD 12 buah, implan 49 set , suntik 72 vial, Pil 77 buah dan Kondom 24 buah.

”Target tersebut adalah target minimal, tentunya lebih banyak peserta akan lebih bagus dan jumlahnya tidak akan dibatasi karena berdasarkan laporan dilapangan hingga saat ini peserta yang mengikuti sudah melebihi target dan telah mencapai 310 peserta,” ungkap Ernawaty.

Jumlah yang ditargetkan itu adalah target minimal, jadi kalaupun ada yang daftar melebihi dari jumlah target tersebut, tetap akan dilayani, asalkan mereka mendaftar terlebih dahulu ke PPKBD/SUB PPKBD/ PLKB kecamatan,” ujarnya.

Dijelaskan Kadis Pengendalian Penduduk dan KB, pelayanan KB gratis  serentak di 6 (Enam) kecamatan tersebut  atas dasar surat BKKBN Propinsi Sumatera Utara Nomor 1174/KB-102/1.3/2020 tanggal 11 juni 2020 Perihal Pelayanan KB serentak (Sejuta Akseptor) dalam rangka Harganas  ke XXVII Tahun 2020.

Sama seperti yang telah disampaikan bapak Wali Kota tadi, kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan tersebut. Kemudian pelayanan Akseptor KB Serentak tersebut juga akan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, seperti penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas, kemudian para akseptor KB tetap mengenakan masker, menjaga jarak (physical distancing), mencuci tangan serta menerapkan protokol kesehatan lainnya,” tutup Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungbalai Ernawaty.(ES/Mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru