SUMUT

NASIONAL

Asal Main Pecat Perangkat Desa, Kades Sei Karang Didemo Warga

Senin, 27 Juli 2020 | 21.30 WIB
Kali Dibaca |

Puluhan warga Sei Karang  berunjukarasa minta Kepala Desa Sei Karang dicopot dari jabatannya.
Galang, metrokampung.com
Warga Desa Sei Karang, Kecamatan Galang, Kabupaten Deliserdang berunjukrasa di kantor desa minta kepala desanya dicopot dari jabatannya, Senin (27/7/2020).

Puluhan warga berorasi sambil mengusung poster bertuliskan pecat Kepala Desa Muhamad Nuh dan kecaman lainnya.

Randi, salah seorang warga yang ikut berdemo mengatakan, mereka menuntut agar Bupati Deliserdang segera menonaktifkan Kepala Desa Sei Karang, Muhamad Nuh.

Sebab kepala desa sudah berlaku semena-mena dengan memecat para perangkat desa.

"Kepala desa satu persatu memecat aparatur desa. Mulai dari bendahara, sekdes, kaur pemerintahan dan kaur pelayanan," katanya seraya menduga aksi main pecat karena kades sudah tidak sepaham dengan bawahannya tersebut. 

Bahkan proyek pengelolaan dana desa, kades  ingin mengelola sendiri dan tidak mau melibatkan perangkat desa dalam pelaksanaannya.

"Alasannya,  kades mengaku tidak percaya," kata Rendi seraya menyebutkan bahwa kepala desa juga kerap meminta uang dana desa  dari bendahara tanpa memakai kwitansi keperluan. 

"Karena itu bendahara menolaknya dan dianggap tidak patuh hingga dipecat ,"tambah Randi kesal.

Aksi warga berjalan tertib dengan pengawalan petugas Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Sei Karang. Usai melakukan orasi dan menyampaikan aspirasi, warga  membubarkan diri. Punbegitu, warga berjanji akan melakukan aksi yang sama ke Kantor Bupati Deliserdang.

Terkait aksi warga desanya, Kepala Desa Sei Karang, Muhamad Nuh masih belum bisa memberikan klarifikasi pada wartawan.

Sekedar info, September 2019 lalu, Kepala Desa Sei Karang Muhamad Nuh juga sempat berseteru dengan sejumlah awak media terkait pemberitaan proyek pembangunan yang menggunakan dana desa.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru