Avanza Perampok Toke Jagung Masuk Jurang, 4 Ditangkap, 1 Kabur

Editor: metrokampung.com
Salah satu pelaku diamankan polisi.
Sidikalang, metrokampung.com
Empat dari lima kawanan rampok di rumah janda tua, Bandar Beru Tarigan (70) berhasil diciduk petugas Polsek Tigalingga dan Polres Dairi. Sementara seorang pelaku berhasil melarikan diri dan kini dalam kejaran polisi.

Peristiwa perampokan terhadap toke jagung yang beralamat di Dusun Tampok Kite, Desa Batu Gungun, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi, Sumut itu terjadi Kamis (2/7/2020) dini hari.

Saat kejadian, Bandar tinggal bertiga dengan pembantunya. Sementara anak laki - lakinya dr Luksius Marpaung, Kepala Puskesmas Gunung Sitember tinggal di sebelah rumah Bandar.

Kerumunan warga.
Menurut informasi warga Tampok Kite, peristiwa perampokan diperkirakann sekira pukul 02.00 wib dini hari saat penghuni rumah (korban ) sedang tertidur lelap di kamar utama dan tidak terkunci.

Keempat pelaku berinisial AS, Z, AS, IS berhasil masuk kedalam rumah korban melalui pintu belakang yang dicongkel paksa oleh kawanan rampok. Sementara seorang pelaku lainnya, AP yang berperan sebagai supir menunggu di luar dalam mobil Avanza BK 1883 MG parkir tidak jauh dari TKP.

Kondisi mobil Avanza saat masih di jurang.
Begitu berhasil masuk ke kamar tidur korban, Tigan-panggilan Bandar, dicekik dan diancam pisau oleh pelaku. Sementara pelaku lainnya berhasil mengeluarkan brankas milik Bandar dari dalam kamarnya. 

Setelah brankas berhasil dibawa keluar kamar, kawanan rampok yang sebelumnya mengancam korban tiba - tiba melepaskan dan meninggalkan korban. Saat itulah Bandar berteriak keras hingga membangunkan warga lainnya.

Warga pun berhamburan keluar rumah menuju rumah korban. Salah seorang pelaku AP yang sebelumnya menunggu di dalam mobil memilih melarikan diri sendiri dengan mobilnya ke arah Rante Besi.

Sementara kawanan rampok lainnya kocar kacir melarikan diri dengan meninggalkan brankas di belakang rumah korban. Warga Tampok Kite yang berjumlah ratusan orang juga berpencar berusaha melakukan pengejaran terhadap kawanan rampok.

Sekitar jam 7 pagi, warga berhasil menemukan salah seorang pelaku AS di salah satu lapangan volley di Tampok Kite. Pelaku sempat dihajar oleh massa hingga babak belur dan berhasil diamankan polisi yang sudah berada di tempat.

Belakangan diketahui,  mobil yang dikendarai pelaku AP terjun bebas ke jurang tikungan Petrus berjarak sekitar 7 km dari rumah korban. Sementara AP ditemukan terjepit di belakang stiurdengan kondisi patah kaki. Selanjutnya dievakuasi personil Kepolisian dibantu warga ke Rumah Sakit Umum Sidikalang.

Kondisi mobil Avanza milik pelaku setelah ditarik keluar dari jurang.
Tidak lama kemudian pelaku lainnya  Z berhasil ditemukan warga di sebuah perladangan depan kantor Babinsa Gunung Sitember. Z  babak belur dimassa sebelum diamankan polisi dan dievakusi ke Puskesmas Tigalingga.

Info lainnya, salah seorang pelaku lainnua As ditemukan polisi di loket bus penumpang PAS Pasar Tigalingga dan selanjutnya diamankan di Polsek Tigalingga.

Sedang pelaku lainnya, IS berhasil melarikan diri dan masih dalam pengejaran petugas Kepolisian.

Lima orang kawanan rampok, satu orang diantaranya AP merupakan warga Dusun Tampok Kite Desa Batu Gungun, Kecamatan  Gunung Sitember diduga kuat selaku otak perampokan, sementara 4 pelaku lainnya merupakan warga  Kabupaten Samosir.

Hingga berita ini diturunkan, korban rampok, Bandar Tarigan (65) yang biasa dipanggil Tigan bersama keluarga sedang  membuat laporan perampokan di Mapolsek Tigalingga.(in/dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini