SUMUT

NASIONAL

Kriteria Kearifan Lokal, Sonni Berutu Digadang Masyarakat Layak Jadi Bupati Pakpak Bharat

Kamis, 02 Juli 2020 | 10.47 WIB
Kali Dibaca |


Pakpak Bharat, metrokampung.com
Kepiawaian Figur  Sonni P Berutu hingga kini terus menyita perhatian masyarakat Pakpak Bharat hingga ketingkat kecamatan, keberaniannya mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Pakpak Bharat periode 2020-2024 banyak mendapat apresiasi. Sebab masyarakat menilai Sonni adalah figur putra daerah yang lahir, besar dan berusaha di daerah serta pertama sekali ada seorang figur putra daerah yang selama ini berkarya dan besar di daerah itu untuk maju sebagai kepala daerah. Menurut masyarakat setempat, inilah pertama sekali ada putra lokal yang serius dan berani menyalonkan diri mengingat beberapa kali pemilihan kepala daerah, calon kepala daerahnnya selalu dari luar Pakpak Bharat.

Meski demikian, Sonni Berutu sendiri bukanlah hanya numpang calon. Ia dinilai telah mempersiapkan konsep untuk membangun Pakpak Bharat.

Pengakuannya konsep yang dibangun adalah konsep meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), kearifan lokal, konsep pelestarian kebudayaan, pertanian. Konsep dilakukan karena Sonni sudah memahami kultur budaya Pakpak Bharat. Ia juga menjadi anggota dewan 16 tahun.

"Saya kira niat Sonni Berutu mencalonkan diri menjadi Bakal Calon Wakil Bupati Pakpak Bharat layak diapresiasi. Saya menilai niat dia tulus untuk membangun Pakpak Bharat ini," kata Ketua Fraksi Demokrat Pakpak Bharat Ronal Lubis SE.

"Soal konsep membangun, Saya menilai Sonni punya segudang pengalaman. Konsep pertanian, pendidikan adalah jadi modal dasar Sonni untuk membangun Pakpak Bharat. Yang saya sampaikan ini bukan muluk-muluk, saya sudah melihat sendiri Sonni menyetujui bantuan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi," tambahnya.

"Namun yang tidak kalah penting adalah konsep membangun Pakpak Bharat lewat pelestarian kebudayaan. Saya sudah saksikan ketika Sonni membahas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2016 tentang Pelestarian dan Pengembangan Budaya Pakpak pada 11 Juli 2016. Saya melihat di Perda itu bagaimana untuk melestarikan kebudayaan Pakpak. Dan Sonni adalah penggagasnya," katanya.

"Jadi menurut saya, Sonni adalah punya pengalaman untuk membawa Pakpak Bharat lebih baik ke depan," katanya.(vik/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru