SUMUT

NASIONAL

Pengaspalan Jalan Tanpa Plank Proyek Desa Negara Dilakukan Dini Hari Saat Hujan

Minggu, 26 Juli 2020 | 21.18 WIB
Kali Dibaca |

Pengaspalan jalan hotmix tanpa plank nama dilakukan dini hari saat hujan.
STM Hilir, metrokampung.com
Proyek pengaspalan hotmix tanpa plank nama sepanjang 1 km di Desa Negara Beringin, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deliserdang, dikerjakan terburu-buru dan asal-asalan. 

Pengaspalan dilakukan dini hari  dan saat hujan. Padahal tindakan  tersebut dinilai mempengaruhi kualitas.

Menurut  keterangan warga di sana, akibat pengaspalan yang dilakukan dalam tempo satu malam, Jumat (24/7/2020) mulai pukul 01.30 wib dini hari dan berakhir jam 5 subuh, kondisi jalan yang baru sehari diaspal sudah keriting dan retak.

Jalan aspal hotmix sedang dipadatkan.
"Kualitas pengaspalan  menjadi bergelombang tidak merata, karena daya perekat kurang bermutu. Dalam tempo semalam dan dilakukan saat hujan," kata sejumlah warga yang menyaksikan pengaspalan saat hujan dan minta namanya dirahasiakan.

Warga menilai pengaspalan tidak memenuhi standar atau spesifikasi teknis.

"Kenapa mengaspal saat hujan turun.  Kalau saya menyebut istilah "lem", tentu fungsinya memang seperti perekat. Nah, kalau dikerjakan saat hujan, ya jelaslah tidak lengket," ujarnya.

Salah satu pekerja yang enggan disebutkan namanya mengaku tidak begitu mengetahui kalau menghamparkan aspal ke jalan saat turun hujan tidak diperkenankan karena memengaruhi kualitas aspal. 

"Kami hanya pekerja yang bertugas menghamparkan aspal ke jalan," katanya.

Sementara Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Deli Serdang, Janso Sipahutar tidak berhasil dikonfirmasi melalui WhatsApp karena sudah diblokir. Padahal sebelumnya masih bisa berkomunikasi melalui WA.

Namun sejak proyek jalan tanpa plank di Desa Negara Beringin rajin diberitakan wartawan, WA wartawan diblokir oleh Janso.

Hal serupa juga dilakukan oleh Saadah Lubis, anggota DPRD Deliserdang. Mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Deliserdang itu tak lagi bisa dikonfirmasi melalui WhatsApp. (dil/dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru