SUMUT

NASIONAL

Sejak PTPN III Holding, Karyawan Selalu Dimutasikan

Sabtu, 18 Juli 2020 | 12.02 WIB
Kali Dibaca |

Pintu masuk ke Sei Karang.
Galang, metrokampung.com
Sejak PTP Nusantara III menjadi Holding, banyak aset Badan Usaha Milik Negara itu di Sei Karang, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang tidak terurus seperti diterlantarkan.   Aset tersebut berupa bangunan dan gedung serta lahan puluhan hektar. Kini kondisinya sungguh memprihatinkan.

Puluhan hektar lahan Hak Guna Usaha tersebut terlihat semak belukar ditumbuhi anak-anak kayu dan ilalang. Begitu juga bangunan kantor dan gedung yang pernah menjadi kantor direksi eks PTP V dulu telah banyak yang rusak karena terlalu lama kosong.   Dikhawatirkan gedung dan bangunan megah dan bersejarah itu mengalami nasib yang sama dengan rumah rumah karyawan yang dirobohkan karena lapuk di makan rayap.

Sejumlah karyawan yang ditemui  di lapangan mengatakan, sejak PTPN III dijadikan holding nasib mereka semakin tak menentu. Ketenangan bekerja tidak seindah dulu lagi. Sedikit-sedikit karyawan dimutasi ke kebun yang sangat jauh. Hal ini sangat meresahkan dan mengganggu sosial phisikologis karyawan serta pendidikan anak-anak mereka.

Tak hanya itu. Hak-hak mereka seperti bonus juga sering diberikan perusahaan terlambat tanpa ada keterangan yang jelas kepada karyawan.

"Jadi holding ini sebenarnya hanya menguntung para elit di pusat saja. Mereka bisa bagi-bagi jabatan. Tapi sebaliknya menjadi malapetaka bagi karyawan di bawah", ujar karywan itu kesal.

Ketika keluhan dan keresahan karyawan di bawah hendak di konfirmasi kepada DIrektur Utama PTPN III, Muhammad Abdul Gani melalui Humas Kantor Operasional Medan, Jumat (18/7/2020) tidak berhasil.

"Kalau masalah Sei Karang, tanya saja sama Kabid Bagian Umum Sei Karang. Terlalu jauh jangkauan Medan untuk mengurus Sei Karang,,"ucap Ali Hasibuan, salah seorang staf Humas PTPN III di Medan.

Sementara Kabid Bagian Umum Distrik Deli Serdang 2, Edi Lesmana tidak berhasil ditemui di kantornya. Menurut  keterangan Satpam, "Pak Edi lagi keluar kantor." (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru